Ziarah Makam Pendiri Wonosobo Sebagai Rutinitas Jelang Hari Jadi

WONOSOBOZONE – Menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Wonosobo yang ke 194, Pemerintah Kabupaten Wonosobo menggelar agenda rutin ziarah makam para tokoh dan Pendiri Kabupaten yang dihelat dua hari terakhir ditutup dengan tabur bunga di pusara Bupati pertama Wonosobo KRT Setjonegoro, Kamis (18/7/2019).

Di makam yang berlokasi di Payaman, Magelang tersebut, Bupati Eko Purnomo dan Wakil Bupati, Agus Subagiyo terlihat mengawali tabur bunga, diikuti para pimpinan OPD di lingkup Pemkab Wonosobo. Keduanya juga tampak serasi mengenakan baju muslim putih yang dipadu jas hitam dengan bawahan sarung bercorak gelap. Bersama jajaran pejabat Pemkab, Bupati-Wabup juga terlihat khusyuk memanjatkan doa-doa untuk KRT Setjonegoro dan untuk kebaikan Kabupaten Wonosobo.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo mengungkapkan, Ziarah makam pendiri Wonosobo merupakan rutinitas tahunan setiap menjelang Hari Jadi Kabupaten di tengah Pulau Jawa ini.

Sebagai bentuk penghormatan kepada perjuangan mereka ketika membebaskan Wonosobo dari koloni penjajah Belanda, hingga kemudian membentuk pemerintahan sampai sekarang,” ungkap Bupati.

Hal senada pun diutarakan oleh Wakil Bupati Agus Subagiyo, Ia sepakat menyatakan tradisi ziarah penting untuk terus dilestarikan agar generasi penerus para pendiri Wonosobo senantiasa ingat bagaimana beratnya perjuangan mereka.

Selain ke makam Bupati pertama, KRT Setjonegoro ini, kemarin juga sudah kita ziarahi 6 makam, yaitu  makam Tumenggung Jogonegoro di Pakuncen, Selomerto, makam Tumenggung Selomanik di Kaliwiro, makam Bupati Mangunkusumo, di Ketinggring, Kecamatan Wonosobo, makam KH Muntaha di Desa Deroduwur, Mojotengah, KH Asmorosufi di Sapuran, dan Makam H Abdul Fatah di Desa Tegalgot, Kepil,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Didiek Wibawanto selaku koordinator ziarah makam, menyebutkan, agenda rutin tahunan yang melibatkan hampir seluruh jajaran pimpinan di Kabupaten, sekaligus sebagai refleksi dalam rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Wonosobo ke-194.

BACA JUGA:  KPK Menobatkan Purworejo Sebagai Kabupaten Terbaik Kedua Dalam Mencegah Korupsi.

Didik juga menambahkan, pihaknya juga melibatkan regu Paskibra Kabupaten Wonosobo yang terdiri dari siswa SMA sederajat hasil seleksi beberapa waktu lalu.

Hal ini sebagai cara memperkenalkan tokoh sentral pendiri Wonosobo,  juga mengajak siswa mengetahui sejarah tentang Wonosobo,” pungkas Didik. (Why/WZ)

Penulis: Danang Hari (Diskominfo)

Editor: Wahyu Tri (Wonosobozone)

Bupati Wonosobo Eko Purnomo melakukan prosesi tabur bunga di makam pendiri Kabupaten Wonosobo.
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.