Zebra Cross Mengelupas Jadi Catatan Tim Penilai WTN di Wonosobo

WONOSOBOZONE – Tim penilai Wahana Tata Nugraha, dari Kementerian Perhubungan RI yang selama 2 hari terakhir berada di Wonosobo, mengakui secara umum kualitas layanan transportasi publik sudah cukup baik. Hal itu terungkap dari paparan ketuanya, Hardi Sukariyanto di depan Wakil Bupati dan jajaran pejabat Kantor Perhubungan Kabupaten Wonosobo, di Pendopo Rumah Dinas Wabup, Kamis (11/8). “Overall sudah cukup bagus, hanya memang memerlukan perbaikan di beberapa titik agar ke depan semakin memenuhi standar kelaikan layanan  transportasi publik,” ujar Hardi. Salah satu yang menjadi catatan bagi timnya, dikatakan Hardi, adalah adanya zebra cross di jalan utama Kota yang mengelupas catnya, sehingga perlu ditebalkan lagi. Selain itu, pihaknya juga mendorong agar Pemerintah Kabupaten memprihatinkan sopir-sopir angkutan umum yang belum berseragam, serta belum mencantumkan tarif di mobil mereka.
Sebagai penerima WTN Tahun 2015 lalu, Hardi menilai Wonosobo selayaknya mampu mempertahankan status. “WTN ini merupakan penghargaan untuk memotivasi agar kota-kota di Indonesia memperbaiki transportasi dan lalu lintas,’’ imbuhnya. Dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Hardi berharap upaya meningkatkan kualitas sektor transportasi publik di Indonesia lebih cepat tercapai.
Harapan yang sama, terkait upaya peningkatan kualitas sektor transportasi publik di Kota Wonosobo juga dilontarkan Wabup, Agus Subagiyo. “Kami bahkan akan berupaya keras tidak hanya WTN, tapi harus bisa meraih WTN Kencana,” tegas Wabup. Untuk mencapai target tersebut, Agus meminta semua pihak terkait agar saling support. Tidak hanya Kantor Perhubungan saja, Wabup juga meminta Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Cipta Karya dan Kebersihan agar turut aktif memperbaiki kualitas infrastruktur pendukung. “Juga jajaran Satlantas Polres Wonosobo kami harapkan semakin intensif dalam menertibkan lalu lintas di Kota Wonosobo,” tandas Agus.
Kesiapan untuk mempertahankan anugerah Wahana Tata Nugraha juga diutarakan Kepala Kantor Perhubungan,  Suwondo Hartoko. Meski secara umum dinilai baik, Suwondo mengaku jajarannya masih akan terus berbenah agar target mencapai WTN Kencana bisa terwujud. “Dari tinjauan lapangan kemarin, Tim penilai WTN dari Kemenhub memberikan apresiasi kepada upaya Pemkab memperbaiki trotoar, terutama di sekitar alun-alun Kota, yang dianggap akomodatif bagi para pejalan kaki,” pungkas Suwondo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here