Wonosobo Promosikan Objek Wisata Desa Di GKPN Expo 2016

WONOSOBOZONE – Upaya mengenalkan objek wisata dan produk khas Kabupaten Wonosobo terus diseriusi oleh Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf). Salah satu upaya tersebut terlihat dalam gelar kreasi produk Nusantara di Jogja City Mall, Jogjakarta, Kamis (19/5). Dalam pameran selama 4 hari tersebut, Kantor Parekraf membuka 1 stan untuk display beragam produk khas dan potensi wisata Wonosobo.
Pameran ini menjadi ajang sangat strategis bagi upaya untuk memperkenalkan beragam produk asli Wonosobo, seperti Carica, Purwaceng, Opak, keripik jamur sampai pada hasil kerajinan batik, tutur Kepala Kantor Parekraf, Agus Purnomo. Dengan turut mengambil peran dalam GKPN 2016, yang diikuti tak kurang dari 46 Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia tersebut, Agus meyakini tingkat kunjungan wisatawan ke Wonosobo akan meningkat.
Selain sebagai ajang display produk hasil kerajinan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah dari Wonosobo, Agus juga menyebut bahwa stan juga digunakan untuk mengenalkan beberapa objek wisata baru. Lubang sewu, Curug Drimas, Curug Kedung Pane dan banyak lagi objek wisata yang telah dibuka oleh desa-desa kami kenalkan kepada para pengunjung, lanjut Agus.
Minat para pengunjung selama hari pertama pameran pun, dikatakan Agus cukup bagus. Bahkan beberapa pejabat dari Kementerian Pariwisata RI memuji stan Kabupaten Wonosobo, dan menyatakan keinginan untuk bisa berkunjung langsung, katanya.
Cukup tingginya minat pengunjung terhadap produk-produk khas Wonosobo juga dikatakan oleh Kepala Seksi Ekonomi Kreatif, Bambang Triyono.
Bambang yang menunggu stan sejak pagi mengaku telah menjual berbagai produk kepada para pengunjung. Purwaceng dan Carica serta beberapa jamu khas Wonosobo laris dan diminati pengunjung, sehingga kami menyediakan stok cukup banyak untuk kebutuhan 4 hari pameran, jelas Bambang. Kepada setiap pengunjung yang datang ke stan Wonosobo, Bambang juga mengatakan ia memberikan brosur berisi peta dan objek-objek wisata unggulan.
Menurutnya, dari beberapa kali mengikuti pameran di luar daerah hasil yang diperoleh cukup nyata. Kunjungan wisatawan jelas menunjukkan peningkatan setiap tahunnya, dan ini bakal berimbas pada meningkatnya geliat ekonomi kreatif di Kabupaten Wonosobo, pungkas Bambang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here