“Wonosobo Mengajar” Menyambung Rasa di Dusun Panto Selatan

WONOSOBO ZONE – Kesadaran akan pentingnya suatu pendidikan membuat sekelompok anak muda yang tergabung dalam sebuah komunitas bernama “Wonosobo Mengajar” menggelar kegiatan edukasi yang bertema Gathering Volunteer “Sambung Rasa” di Dusun Panto Selatan Desa Pacekelan Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo. Acara yang berlangsung dari tanggal 4 – 5 April 2015 ini diikuti oleh warga yang merupakan anak-anak warga setempat.
Dari Komunitas “Wonosobo Mengajar” sendiri, sedikitnya 8 peserta mengikuti kegiatan ini. Mereka adalah Mbak Dhanur, Hendrik Kurniawan, Ufie, Ida, Unik Dian Cahya, Abi, Achmad Nidzar dan Achmad Labib. Para Pemuda/i ini mengajak kepada masyarakat untuk bersama membangun pendidikan di Wonosobo agar menjadi lebih baik.
Menurut mbak Dhanur selaku Ketua dari komunitas “Wonosobo Mengajar”, kegiatan ini juga dijadikan sebagai ajang untuk mempererat silaturahmi kepada para warga setempat dan juga kepada antar anggota.
Perkenalan yang ramah tamah menjadi awal acara tersebut kemudian pengenalan tentang Komunitas yang mencangkup apa itu “Wonosobo Mengajar” beserta visi dan misi dilanjutkan dengan pembentukan pengurus  mengajar. Karena bertepatan akan muncul gerhana bulan dimalam harinya maka mereka melanjutkan acara dengan memberikan pengetahuan tentang gerhana bulan kepada anak-anak di sore harinya. Materi tersebut juga disampaikan melalui pemutaran video tentang fenomena alam dan mitos gerhana bulan.
Tak lupa juga sebelum datangnya gerhana mereka juga melaksanakan sholat gerhana bulan setelah sebelumnya diberikan pembelajaran tentang tata cara mengerjakannya.
Meskipun merupakan desa yang jauh dari pusat kota namun semangat belajar anak-anak desa Panto Selatan cukup tinggi. Ini lah yang menjadikan Desa Panto Selatan dipilih oleh komunitas Wonosobo Mengajar sebagai lokasi untuk menggelar acara. Oleh karenanya untuk meningkatkan semangat belajar mereka, Wonosobo Mengajar juga merintis sebuah taman baca agar tercipta budaya membaca di Desa tersebut. 
Kami berharap ke depan kegiatan ini lebih terstruktur, lebih dikenal luas dan memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat,” ucap ketua “Wonosobo Mengajar” tentang harapan pasca acara. (Apr)
Dikirim oleh : Achmad Labib (Citizen Jurnalis)

lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here