Wonosobo Gelar Workshop dan Kontes Robotik

WONOSOBOZONE – Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Wonosobo, Samsul Ma’arif, langsung membuka acara workshop dan kontes robotik bagi pelajar dalam event Edutechfest 2016 di gedung Sasana Adipura Kencana, Selasa (13/16).
Menurut Samsul, edutechfest sebagai festival edukasi ilmu pengetahuan dan teknologi, memberi ruang dan wawasan kepada pelajar, pendidik maupun masyarakat umum dalam mengembangkan diri, terutama terkait pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menjadi sebuah tantangan bagi dunia Pendidikan dalam beradaptasi dengan segala perubahan, yang mana hal ini ditambah dengan makin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga kemajuan teknologi bukan sesuatu yang menakutkan tetapi merupakan sistem pendukung untuk memajukan pendidikan.
Meskipun kegiatan edutechfest ini merupakan event yang baru pertama kali digelar, namun animo peserta terlihat sangat besar. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya peserta yang hadir dan padatnya acara dalam gelaran event kali ini. Idealnya peserta 30, namun kali ini mencapai 60 peserta, yang artinya dua kali lipatnya, melebihi batas, tegas Samsul saat membuka kegiatan tersebut.
Samsul memberikan apresiasi kepada SD Muhamadiyah, yang telah mengawali dan  sering mengikuti lomba robotik ini, sehingga harapan kedepan kepada sekolah lain, agar ikut serta menjadi pilar utama dalam rangka pengembangan teknologi, dengan mengikuti berbagai even, baik lokal, nasional bahkan Internasional.
Hal senada disampaikan Kasi Data, Informasi dan Pengembangan Bidang Bina Program dan Pengembangan Dikbudpora, Lintang Esti, sebagai panitia pelaksana, mengatakan, edutecfest ini memang baru pertama kali digelar, dan saat ini merupakan tahun pertama yang digelar Dikbudpora, dalam menyikapi pengembangan teknologi. Dan salah satu ikon event ini adalah robotik, yakni salah satu cara metode pembelajaran, karena di dalamnya ada unsur sains dan matematika, serta para peserta terutama pelajar dilatih untuk menunjukkan ketrampilannya, dalam membuat sebuah rangkaian robotik tersebut.
Lintang menambahkan, even ini akan digelar sampai empat hari mendatang (13 sampai 16 Desember), yang diisi dengan workshop robotik sebanyak dua sesi, yakni SD dan SMP/SMA, workshop cerdas bermedsos SMK dengan nara sumber Staf Ahli Kepresidenan dan dosen UIN Yogyakarta, workshop pengenalan TIK, lomba mading Digital, lomba cerdas cermat digital, lomba komik Strip serta pada hari Kamis digelar kontes robot, selain juga ada bazar dan setiap sorenya akan digelar pentas seni, yang ditampilkan dari kalangan pendidik serta siswa SD, SMP dan SMA/SMK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here