WASPADA! AWAL TAHUN 2019 TERCATAT DELAPAN KASUS DBD DI KABUPATEN MAGELANG

MAGELANG – Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang mencatat selama bulan Januari 2019 terjadi delapan kasus penyakit Demam Berdarah (DBD) yang terjadi di dua kecamatan di Bandongan dan Mertoyudan.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Sunaryo mengatakan dinas menerima laporan selama satu bulan ini mengenai penyakit DBD di beberapa desa.

“Kami menerima laporan ada delapan kasus demam berdarah selama bulan Januari 2019 ini, terjadi di dua kecamatan, Bandongan dan Mertoyudan. Tidak ada korban meninggal,” ujar Sunaryo, Selasa (22/1/2019).

Atas laporan ini, pihaknya langsung melakukan penanganan dengan melakukan pengasapan atau fogging di wilayah tersebut.

“Memang benar sudah ada laporan adanya warga yang terkena demam berdarah / DB di empat tempat. Namun demikian, kami langsung bergerak cepat untuk memerintahkan petugas termasuk puskesmas terkait untuk memberikan fogging di wilayah tersebut,” katanya.

Pada tahun 2016-2017 pemberian fogging bisa mencapai lebih dari 50 kali. Namun pada tahun 2018 sudah menurun dan hanya mencapai 28 kali saja. Secara keseluruhan, korban DBD di wilayah Kabupaten Magelang sendiri telah mengalami penurunan yang sangat signifikan sejak dua tahun belakangan terakhir.

Upaya yang dilakukan untuk menekan penyakit DBD adalah pencegahan perkembangan nyamuk Aedes Aegypti. Dengan cara Dinas Kesehatan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat dan membina Juru Pemantau Jentik (Jumantik) bagi setiap kepala keluarga.

Artikel ini dikutip dari tribunnews.com dengan judul “Delapan Kasus BBD di Awal Tahun 2019 di Magelang” Penulia Rendika F Editor Gaya L, link
http://jogja.tribunnews.com/2019/01/22/delapan-kasus-dbd-di-awal-tahun-2019-di-magelang

BACA JUGA:  KOMISI I DPRD KABUPATEN MOJOKERTO MELAKUKAN KUNJUNGAN KE DISPERUSIP KOTA MAGELANG
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.