Warga Tak Mampu Difasilitasi Pengobatan Gratis

WONOSOBOZONE – Tak kurang dari 400 warga Desa Mungkung, Kecamatan Kalikajar tampak memadati poliklinik kesehatan desa (PKD) setempat, Rabu (12/5). Kehadiran mereka di PKD, dijelaskan Sekcam Kalikajar, Bagyo Sarastono, adalah dalam rangka memanfaatkan kesempatan mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kalikajar I dan II. “Warga sasaran bakti sosial berupa pemeriksaan dan pengobatan gratis adalah yang masuk kategori miskin dan tidak memiliki Jamkesda, serta belum terlindungi BPJS,” jelas Bagyo.
Bakti sosial, dikatakan Bagyo merupakan agenda rutin yang digelar Puskesmas Kalikajar setiap bulan sekali, demi mendekatkan fasilitas kesehatan bagi warga kurang mampu. “Sebulan sekali kami berkeliling desa secara bergiliran demi memudahkan warga untuk mengakses sarana kesehatan secara gratis,” lanjut Bagyo. Dengan dimudahkannya akses pemeriksaan dan pengobatan di wilayah Kalikajar, diharapkan warga, terutama yang masih belum memiliki Jamkesda maupun BPJS, tetap sadar akan pentingnya menjaga kesehatan diri. “Peningkatan kualitas hidup warga melalui upaya fasilitasi kesehatan, kita sadari bersama, merupakan salah satu prioritas Pemerintah saat ini,” tandas Bagyo.
Pentingnya perhatian kepada warga tak mampu juga diungkapkan Bupati Wonosobo, Eko Purnomo. Bupati yang bersama beberapa pejabat Pemkab memantau jalannya bakti sosial, mengaku sangat mengapresiasi adanya inisiatif Puskesmas Kalikajar untuk memfasilitasi warga tak mampu agar bisa berobat. “Apa yang terlihat di Desa Mungkung ini saya harap bisa ditiru di wilayah lain, agar warga tak mampu, khususnya yang tak terlindungi BPJS dan Jamkesda tetap bisa mengupayakan kesehatan diri,” pungkas Bupati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here