Warga RW 10 Permata Hijau Gelar Pemilihan Ketua RW

WONOSOBOZONE – Pemilihan Ketua RW 10 Perumahan Permata Hijau, Kelurahan Mudal, Kecamatan Mojotengah, di Masjid Baitul Muttaqien berlangsung seru dan demokratis, pada Minggu pagi, 20 Maret 2016. Bahkan, tak sedikit warga antusias dengan lebih dulu hadir dari waktu yang telah dijadwalkan panitia, yakni mulai pukul 08.00 sampai 09.00 WIB.
Menurut Ketua Pemilihan, Priswanto, Pemilihan ketua RW untuk periode 2016 – 2019 tersebut, diikuti sebanyak 5 calon, yakni Bangun Setyo Wardoyo, Anang Giyan Mahendra, Suyanto, Adi Sarwoko dan Yuwono. Kelima calon ketua RW ini, merupakan perwakilan dari 5 RT di RW 10, yang telah dipilih warga di tiap RT.
Dalam ‘pesta demokrasi’ kecil tersebut, Anang Giyan Mahendra, unggul dengan memperoleh 118 suara, disusul Bangun 108 suara, Yuwono 46 suara, Suyanto 20 suara dan Adi Sarwoko 11 suara. Sedangkan, 1 suara dinyatakan tidak sah. Secara keseluruhan, jumlah suara yang masuk sebanyak 304 suara dari total jumlah suara sebanyak 391, atau sekitar 80 persen.
Jumlah tersebut, sesuai dengan prediksi panitia, mengingat pelaksanaan pemilihan pada hari libur, sementara banyak warga perumahan, di hari libur, yang tidak ada di tempat. Sebagai Ketua RW 10 terpilih, Anang, yang kesehariannya bertugas di POLSEK Mojotengah, akan berupaya menjalankan amanat yang diberikan warga kepadanya. Ia berharap warga di perumahan tetap kompak dan tidak ada pengkotak-kotakan, serta siap bersama dirinya menjaga kebersihan lingkungan dan keamanan perumahan.
Hal ini sangat penting, agar kondisi kerukunan warga RT 10, yang terlah berjalan kondusif, bisa tetap terjaga, dan secara umum bisa mendukung terwujudnya lingkungan di Kelurahan Mudal yang aman dan tertib.
Sedangkan Lurah Mudal, Saliman, meminta agar Ketua RW 10 terpilih, dapat menjalankan tugasnya dengan sungguh-sungguh, karena kedepan tugas RW semakin berat. Apalagi berbagai agenda pembangunan saat ini, dimulai dari partisipasi dan musywarah warga di tingkat RT dan RW (bottom up), sehingga peran seorang Ketua RW sangat penting dalam memastikan berjalannya kehidupan sosial warga dengan baik.
Sementara Camat Mojotengah, Kristiyanto, memberikan apresiasi atas digelarnya pemilihan RW yang dilakukan secara demokratis. Hal ini merupakan wujud “pesta demokrasi” di tingkatan terkecil, yang bisa menjadi wahana pembelajaran warga akan pentingnya bermusyawarah dalam mengambil sebuah keputusan untuk kepentingan bersama. Ia berharap pemilihan semacam ini, baik untuk RT maupun RW, bahkan Kepala Desa, bisa dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur serta adil, namun tetap dalam kondisi yang aman dan kondusif di tempat lain, baik di wilayah Kecamatan Mojotengah bahkan di seluruh wilayah Kabupaten Wonosobo, sehingga masyarakat secara umum akan merasakan manfaat “pesta demokrasi” untuk melahirkan pemimpin terbaik pilihan mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here