Warga Klilin Diajak Lestarikan Bunga Lokal

WONOSOBOZONE – Ajakan positif untuk melestarikan lingkungan dengan mengoptimalkan potensi di sekitar rumah warga terus disebarluaskan. Komunitas penggiat lingkungan yang tergabung dalam ASRI Wonosobo menjadi salah satu pelopor gerakan mengampanyekan ajakan tersebut. Baru-baru ini, organisasi yang dimotori Astuti Farida itu mengajak warga Dusun Klilin, Desa Sindupaten, Kecamatan Kertek untuk bersama-sama merubah wajah dusun menjadi lebih berwarna dengan bunga-bunga lokal. Bunga-bunga yang ditanam di taman dusun dan sekitar rumah warga tersebut, menurut ketua ASRI Wonosobo, Astuti Farida merupakan hasil sumbangan dari anggota, yang diwajibkan membawa setidaknya 1 tanaman hias yang berbunga dari rumahnya masing-masing. “Terkumpul ratusan tanaman hias untuk acara di Klilin ini, dan akhirnya kami tanam di taman dusun agar mempercantik wajah Klilin,” tutur Astuti di sela acara menanam bersama warga setempat, Minggu (7/11).
Tujuan lain dari aksi penanaman bunga-bunga lokal di Klilin tersebut, dijelaskan perempuan yang akrab dengan sapaan Bu Ida itu adalah untuk menjaga bunga lokal agar tak punah. Menurutnya, keindahan bunga-bunga lokal Wonosobo wajib dilestarikan demi menjaga agar di masa depan, anak-cucu tetap bisa menikmatinya. Aksi tersebut, diakui Ida juga menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Cinta Puspa  dan Satwa Nasional (HCSPN) 2016, setelah sebelumnya ia beserta komunitas penggiat lingkungan juga menggelar beragam kegiatan di beberapa lokasi. Ia berharap, aktivitasnya bersama komunitas ASRI Wonosobo ini akan menjadi contoh dan teladan yang baik bagi warga masyarakat, sehingga upaya untuk menciptakan kondisi lingkungan di sekitar permukiman menjadi lebih indah, nyaman dan sehat bakal berjalan lebih cepat. “Menciptakan lingkungan indah dan nyaman untuk dihuni tidak harus berbiaya mahal, karena dengan berbekal 1 tanaman saja bisa dimulai,” tandasnya.
Inisiatif ASRI Wonosobo untuk memberikan contoh bagaimana memperindah lingkungan sekitar disambut sangat positif warga Dusun Klilin. Beberapa warga yang ditemui tengah menanam bersama para penggiat lingkungan mengaku ingin memulai untuk menanam bunga-bunga hias, khususnya bunga lokal di sekitar tempat tinggalnya. Selain menjadi kian indah, adanya bunga-bunga hias di sekitar rumah diakui mereka memberikan ketenteraman hati, sehingga anggota keluarga semakin kerasan berada di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here