Warga Hiasi Bunga Warna-warni di Sepanjang Jalan Provinsi di Desa Kalilunjar Kecamatan Banjarmangu Banjarnegara

BANJARNEGARA – Warga beramai-ramai kerja bakti membersihkan teman-taman bunga di sepanjang jalan provinsi Desa Kalilunjar Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. 

Keberadaan taman-taman mini di sepanjang jalan ini tentu saja tak muncul begitu saja. Warga mulai menanam seribu bunga beraneka jenis semisal Pucuk Merah dan Melati tahun 2016 lalu.

Warga, khususnya pemuda yang semangatnya masih bergelora merawat tanaman itu agar tumbuh baik. Sekarang mereka berhasil menuainya. Bukan nilai ekonomi yang jadi ukuran.

Tetapi perubahan alam, juga keindahan yang terpancar membuat masyarakat lebih bahagia. Hati pun tenteram karena mata setiap hari disiram pemandangan yang menawan.

Kepala Desa Kalilunjar Slamet Raharjo mengatakan, penanaman bunga di pinggir jalan provinsi ini untuk mendukung pengembangan Desa Wisata Kalilunjar.

Desa ini memiliki objek wisata andalan bernama Bukit Asmara Situk yang mengawinkan pesona pemandangan alam puncak dengan wahana buatan semisal rumah pohon.

“Penanaman bunga ini untuk mempercantik desa. Apalagi ini kan jalan provinsi,” katanya.

Memasuki desa ini akan menjumpai Aneka bunga warna-warni menghiasi sepanjang jalan hingga di pengujung desa. Barisan bebatuan yang dicat warna-warni jadi pembatas taman dengan bahu jalan.

Sebagian bunga ditanam di pot yang terbuat dari ban bekas bercat warna terang. Ada sebuah taman yang disebut Kadus Garden, hingga Read Garden yang menjadi tempat nongkrongnya para kutu buku.

Pemandangan ini jadi bonus bagi wisatawan yang memilih jalur ini untuk mengakses dataran tinggi Dieng.

Menurut Slamet, usaha mempercantik desa itu berhasil mengubah perilaku masyarakat. Mereka menjadi lebih ramah terhadap lingkungan. Mereka menghindari perilaku yang berpotensi merusak lingkungan atau mengganggu keindahan.

“Dampak positifnya selain memperindah desa, masyarakat tidak lagi buang sampah sembarangan,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Lomba Macapat,Sebagai sarana Pelestarian Budaya

Artikel dikutip dari Tribun Jateng Penulis: khoirul muzaki Editor: suharno, link
http://jateng.tribunnews.com/2019/03/25/bunga-warna-warni-hiasi-jalan-provinsi-di-desa-kalilunjar-kecamatan-banjarmangu-banjarnegara?page=3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.