Warga Desa Talunombo Manfaatkan BLT-DD Untuk Modal Usaha

WONOSOBOZONE.COM – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang dikucurkan oleh pemerintah merupakan stimulus untuk membantu warga kurang mampu, yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh penerima manfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan karena terhimpit permasalahan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Namun lain hal dengan Suprati (45), warga dusun Simanggis, Desa Talunombo, Kecamatan Sapuran, ini memanfaatkan program BLT-DD sebesar Rp 600.000 untuk dijadikan modal usaha pembuatan combro keripik dan jenang dodol.

Uang tersebut saya jadikan modal usaha untuk membeli bahan baku berupa singkong dari para petani serta alat produksi untuk membuat combro keripik,” ungkap Suprapti saat dihubungi wonosobozone.com via sambungan telepon, Jum’at (3/6/2020).

Bahkan dalam sehari, Suprapti menyebut Ia dan tiga orang karyawanya yang merupakan tetangga dekatnya mampu memproduksi combro keripik siap jual dikisaran angka produksi yang mencapai 20 kg hingga 25 kg.

Selain dipasarkan di area Wonosobo, hasil produksinya juga mulai di jual keluar kota melalui bantuan Kepala Desa Talunombo serta sejumlah rekannya yang juga turut andil membantu proses pemasaran. Melalui usahanya kini Suprapti pelan-pelan mulai bangkit meggeliatkan kembali produk UMKM, serta dapat membantu perekonomian keluarga serta suaminya yang bekerja sebagai petani.

Semoga nanti ada tambahan modal lagi buat nambah produksi serta membuka lapangan kerja baru bagi warga sekitar,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Talunombo Badarudin berkomitmen akan terus mendorong kegiatan ekonomi produktif setiap warganya. Sehingga masyarakat bisa lebih mandiri dan berkembang dari segi ekonomi.

Dari pengalaman Suprati ini, sejatinya bisa menjadi pelajaran berharga bagaimana bantuan pemerintah bukan hanya keperluan konsumsi saja, tetapi menjadi sesuatu yang produktif,” pungkasnya. (why)

BACA JUGA:  Permasalah JKN Berkutat Pada Data, Baru 66 persen penduduk ber-BPJS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.