Universitas Sains Al-Qur’an Wisuda 851 Mahasiswa

WONOSOBOZONE – Sebanyak 851 mahasiswa Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo diwisuda dalam “Rapat Senat Terbuka Wisuda Diploma, Sarjana dan Pascasarjana ke-37” di Gedung Sasana Adipura Kencana, setempat, Rabu (4/9).

Rapat senat terbuka dipimpin Rektor UNSIQ Dr KH Mukhottob Hamzah MM dan dihadiri Ketua Harian Yayasan YPIIQ Drs H Syarif Hidayat MSi, Ketua Senat UNSIQ Dr KH Ngarifin Shidiq M PdI dan Sekretaris Kopertais Wilayah 10 Jawa Tengah Dr H Ruswan MA.

Karena banyaknya jumlah mahasiswa yang diwisuda, maka wisuda angkatan 37 ini dilakukan dua tahap. Tahap pertama diwisuda 466 lulusan yang berasal dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Mahasiswa FITK termasuk yang terbanyak dalam setiap wisuda UNSIQ.

Ke-466 wisudawan berasal dari program studi Pendidikan Agama Islam (304), Pendidikan Guru MI/SD (54), Pendidikan Fisika (21), Pendidikan Bahasa Arab (45) dan Pendidikan Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) sebanyak 32 wisudawan.

Sedang sejumlah 385 wisudawan dari Program Pascasarjana, Fakultas Komunikasi dan Politik, Syari’ah dan Hukum Islam, Ekonomi, Bahasa dan Sastra, Tehnik dan Ilmu Komputer dan Ilmu Keperawatan akan diwisuda Kamis (5/9) di tempat yang sama.

Setelah diwisuda seluruh lulusan membacakan Ikrar Panca Setia dan menyanyikan Hymne dan Mars UNSIQ. Dalam ikrar tersebut seluruh wisudawan berjanji menjaga hafalan Al-Qur’an dan mengamalkan ilmu serta keahliannya untuk kepentingan masyarakat, negara dan agama.

Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FITK dengan IPK 3,89 yang juga seorang hafidzoh (penghafal Al-Qur’an 30 juz) dinyatakan sebagai wisudawan terbaik dan mendapat hadiah umroh gratis ke Tanah Suci dari salah satu Biro Umroh dan Haji di Wonosobo.

Sedang wisudawan terbaik kedua Ifti Tutur Karmena dari Program Studi Guru MI/SD FITK dengan IPK 3,94. Meski mendapat IPK lebih tinggi tapi mendapat predikat sebagai wisudawan terbaik kedua, karena wisudawan terbaik pertama sekaligus sebagai Hafidzoh.

BACA JUGA:  139 Peserta Calon Tenaga BLUD RSUD Ikuti Ujian Tertulis

Suasana wisuda kali ini sedikit berbeda dengan suasana wisuda sebelumnya. Pasalnya, salah satu calon wisudawan atas nama Anditya Fatchul Manan (Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FITK) meninggal karena sakit sebelum sempat diwisuda.

Guna mengenang perjuangan dalam menempuh studi, Rektor UNSIQ Dr KH Mukhottob Hamzah MM memberi kenangan-kenangan khusus berupa tali asih kepada almarhum. Tali asih diterima saudara kembarnya Anditya Fatchul Muin yang juga mahasiswa Tehnik Informastika UNSIQ.

Sekretaris Kopertais Wilayah 10 Jawa Tengah Dr H Ruswan MA mengaku bangga karena setelah berkiprah selama 32 tahun sejak berdiri 1987 lalu, UNSIQ telah meluluskan ribuan mahasiswanya. Alumnni UNSIQ kini telah banyak berkiprah di masyarakat.

“Lulusan UNSIQ termasuk istimewa karena dibekali ilmu Al Qur’an. Ini yang membedakan sarjana dari perguruan tinggi lain. Karena itu, sarjana lulusan UNSIQ harus lebih optimis dalam menghadapi tantangan masa depan yang lebih baik,” tegasnya.

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.