Ujian Nasional 2019, SMP 1 Magelang Duduki Peringat 8 Nasional

MAGELANG – Hasil ujian nasional (UN) jenjang SMP/MTs tahun 2019, SMP Negeri 1 Magelang menduduki peringkat 8 tingkat nasional dengan rerata nilai UN 92,04. Hal ini berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud RI, beberapa waktu lalu.

Di urutan pertama diraih oleh SMP 5 Yogyakarta dengan rerata nilai UN 95,26 dan terendah urutan 15 ditempati SMP 49 Jakarta dengan rerata UN 90,57. Adapun SMP negeri di Jateng yang masuk 15 terbaik adalah SMP 1 Boyolali, SMP 1 Muntilan, SMP 2 Purworejo, dan SMP 2 Semarang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Magelang, Taufiq Nurbakin mengaku, pihaknya mengapresiasi semangat SMP 1 Magelang. Sehingga, berdasarkan perolehan nilai UN masih bertahan masuk 10 besar nasional.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras semua pihak. Juga kerja sama yang harmonis antara pemerintah, sekolah, orang tua, dan masyarakat,” ungkapnya, Senin (17/6/2019).

Kepala SMP 1 Magelang, Nur Wiyono MPd mengatakan, pihaknya merasa bersyukur dengan raihan prestasi ini. Sebelumnya, sekolah yang juga dikenal dengan sejarah Rantai Kentjana ini juga meraih urutan pertama 10 SMP terbaik se-Jawa Tengah dalam ujian nasional 2019.

“Keberhasilan ini tentu bukan karena kami sendiri, tapi ada dukungan dari pihak lain juga dari wali kota beserta jajarannya, kepala dinas, dan tentu orang tua wali murid serta guru. Hal ini menunjukkan sekolah kita masih bisa diperhitungkan di tingkat nasional,” ujarnya di kantornya.

Dia menuturkan, selama ini SMP 1 Magelang memiliki motto “Tiada Hari Tanpa Prestasi Bisa Terwujud”. Selain itu, pihaknya juga senantiasa menggaungkan pegangan selalu bangun bersama budaya mutu sekolah.

“Kita bisa mempertahankan 13 kali peringkat pertama tingkat Jawa Tengah dan sekitar 10 kali masuk peringkat nasional. Tentu ini bukan hal yang mudah. Mohon doa semoga tahun depan bisa masuk 3 atau 5 besar nasional,” jelasnya.

BACA JUGA:  Rokok Dengan Cukai Ilegal Masih Beredar

Artikel dikutip dari suaramerdeka.com Penulis Asef Amani
https://www.suaramerdeka.com/news/baca/186230/smp-1-magelang-duduki-peringat-8-nasional

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.