• Selasa, 16 Agustus 2022

Berpotensi Jadi Desa Wisata Terbaik, Desa Sembungan Tampilkan Dua Keunggulan, Apa Saja?

- Selasa, 5 Juli 2022 | 07:00 WIB
Desa Wisata Sembungan menampilkan panorama keindahan alam yang eksotis (Dok istimewa)
Desa Wisata Sembungan menampilkan panorama keindahan alam yang eksotis (Dok istimewa)

WonosoboZone - Desa Sembungan menjadi salah satu desa dari 50 desa wisata terbaik se-Indonesia dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sembungan akan lebih menampilkan dua hal yang dianggap sebagai unggulan di desa tersebut. Yaitu terkait keindahan alam dan tata kelola sampah yang ramah lingkungan.

Saat kunjungan dari Dewan Juri ADWI pada Sabtu 2 Juli 2022 di Desa Sembungan, Kepala Disparbud Kabupaten Wonosobo, Agus Wibowo menyampaikan, melalui Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) yang menempati lahan 900 m2 dan berada tepat di sebelah pintu masuk Desa Sembungan, pengolahan sampah terpadu tersebut membuat masyarakat bisa mendaur ulang sampah dan menghasilkan barang bernilai ekonomis, sehingga menambah pendapatan keluarga.

Baca Juga: Quattrik HoKky Caraka Bawa Timnas U-19 Menang Telak 7-0 Atas Brunei

"Terkait pengelolaan sampah akan menjadi unggulan sebab tidak semua tempat pariwisata memiliki tempat pengelolaan sampah yang bagus seperti di Desa Sembungan," ujar Agus.

Dewan Juri ADWI Kemenparekraf, Fatma Lestari menyampaikan terdapat 7 kategori penilaian utama yaitu Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Toilet Umum, Suvenir, Digital dan Kreatif, CHSE dan Kelembagaan.

Menurutnya tidak mudah untuk dapat masuk 50 desa wisata terbaik. Hal itu menunjukan bahwa Desa Sembungan memiliki potensi besar yang harus terus dikembangkan.

Baca Juga: Selamat! Sebanyak 216.107 Peserta Didik Diterima di PPDB Jateng 2022

"Kami berharap melalui ADWI akan membuat pegiat wisata semakin termotivasi untuk semakin mengembangkan wisata sekaligus berupaya menjaga alam supaya tetap lestari dan terjaga," pungkasnya. ***

 

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

WORC Kenalkan Wisata Alam Wonosobo

Senin, 20 Juni 2022 | 19:40 WIB
X