• Senin, 15 Agustus 2022

Keindahan Wisata Alam dan Budaya Desa Sembungan Pukau Sandiaga Uno

- Senin, 4 Juli 2022 | 07:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno dan Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar sedang berbincang dengan salah satu pedagang yang ada di Desa Sembungan (Dok Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno dan Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar sedang berbincang dengan salah satu pedagang yang ada di Desa Sembungan (Dok Kemenparekraf)

WonosoboZone - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno sangat menikmati dan mengagumi keindahan alam dan budaya yang ditawarkan oleh Desa Wisata Sembungan di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Desa yang dinobatkan sebagai desa wisata tertinggi di Pulau Jawa ini berhasil masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Selama perjalanan menuju objek wisata, wisatawan disuguhkan dengan panorama alam hamparan sawah berundak-undak, berlatar bukit hijau dan dibalut dengan sejuknya udara pegunungan, lantaran berada pada ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca Juga: Coach Shin Tae-yong Inginkan Jordi Amat, Proses Naturalisasinya Akan Terus Dilanjutkan

Eksotisme bentangan alam lainnya yang bisa dinikmati adalah Puncak Sikunir. Salah satu objek wisata desa Sembungan yang menawarkan keindahan pemandangan matahari terbit (sunrise). Bahkan disebut sunrise di Puncak Sikunir ini yang terbaik di Asia. 

Dan untuk bisa menikmati sunrise, wisatawan dapat mengunjungi Puncak Sikunir pada musim kemarau, karena cuacanya cenderung lebih cerah dan tidak berkabut. 

Menuju Puncak Sikunir, wisatawan disuguhi pemandangan alam lainnya yaitu Telaga Cebong. Diberi mama cebong karena bentuknya menyerupai bayi katak. Telaga ini dulunya bekas kawah purba seluas 18 hektare, akan tetapi seiring waktu kawah tersebut mati atau menyempit dan tersisa sekitar 12 hektare.

Baca Juga: Blue Light Patrol Polres Wonosobo Sasar Daerah Rawan dan Jalur Rawan Kecelakaan

Desa Wisata Sembungan ini juga memiliki daya tarik wisata alam air terjun, yaitu air terjun Sikarim. Aliran air terjun Sikarim ternyata berasal dari Telaga Kecebong.

Selain wisata alam, Desa Wisata Sembungan memiliki daya tarik budaya. Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga disambut oleh tari angguk. Tari angguk adalah tari tradisional kerakyatan yang tumbuh secara turun-temurun dalam lingkungan masyarakat. Disebut angguk karena gerakan tariannya sering menggunakan anggukan kepala.

Halaman:

Editor: Rochmad Tri Apriliyanto

Sumber: Kemenparekraf.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

WORC Kenalkan Wisata Alam Wonosobo

Senin, 20 Juni 2022 | 19:40 WIB
X