Transformasi Wonosobo Tempo Doeloe dan Masa Kini, Part 1

WONOSOBOZONE – Hey Pengunjung setia wonosobozone.com, kali ini team redaksi mau sharing foto galeri dengan tema “Transformasi Wonosobo Tempoe Doeloe dan Masa Kini”, Part 1 ( Kenapa ada Part 1, Karena ada Part Berikutnya yang siap rilis dalam waktu dekat, Pokoknya Stay On aja deh di wonosobozone.com).
Emang si ada yang berubah dari wajah Wonosobo masa kini dengan tempo dulu, tapi masih ada juga kok yang beda beda tipis. Penasaran…?
Dan inilah perbandingan antara Wonosobo tempo dulu dan Wonosobo masa kini yang belum pernah di publis di media manapun, Semoga Pengunjung setia yang lahir tahun 80an kebawah kangen suasana tempo dulu ya, langsung saja kita ulas:
1.  Tugu Bunderan Bugangan
Foto Tugu Bunderan Bugangan yang terletak di Jl. Dieng Mojotengah Wonosobo. Tahun 90an di sekitar Tugu Bugangan belum ada Bangunan/Kantor yang berdiri. Dan kini sudah terlihat lebih padat.
2. Tugu Bunderan Sapen
Foto Tugu Bunderan Sapen yang terletak di Jalan protokol menuju kota Wonosobo. Tugu tersebut menjadi batas antara Jalan A. Yani dan Jalan Tumenggung Setjonegoro. Jalan Tumenggung Setjonegoro dulu ada 3 Jalur yang masih rimbun karena banyaknya Pohon dipingir jalan dan Tugu Pahlawan tersebut masih ditengah jalan. Kini Jalan Tumenggung Setjonegoro cuma ada 2 jalur.
3. Pangkalan Dokar Sapen
Pangakalan Dokar sapen, dulu belum ada bangunan pasar hewan sapen dan belum ada Gedung SPBU Sapen (SPBU Sapen Berdiri tahun 2007an dan menjadi salah satu POM Bensin terpadat di kota Wonosobo).
4. Kantor BNI 46 Wonosobo
Ini dia Gedung Bank Negara Indonesia 46 Cabang Wonosobo, terlihat jelas perbedaan yang mencolok antara foto tahun 50an dengan tahun 2015 bukan..?
Kantor BNI 46 Wonosobo terletak di Jalan Ahmad Yani Wonosobo.
5. Jalan A. Yani Wonosobo
Jalan A Yani tepatnya di depan Bank BNI 46 Wonosobo. Dulu sekitar tahun 90an lalu lintas masih dua arah dan belum terlalu padat, kini  sudah jadi satu arah. Kalau kalian berani lawan arus, siap-siap aja deh kena tilang ditempat, Yaiyalah…. wong disitu sudah ada POS Polisi yang siap siaga mengejar pengendara yang melanggar aturan lalulintas.
6. Pasar Induk Wonosobo
Sudut tenggara pasar induk Wonosobo pada tahun 1980an. Disinilah pusat titik kemacetan yang sering terjadi, mungkin 10 tahun lagi akan terjadi macet total kalau Pemda Wonosobo tidak berbenah. Saran Admin si, sebaiknya buatlah tempat parkir di lantai atas pasar induk Wonosobo yang notabene lantai atas (Gor Badminton) Pasar Induk masih kosong karena banyak pedangang tidak minat mendirikan lapak di lantai atas.
7. Kolam Renang Mangli Wonosobo
Kolam mangli tahun 1918 masih seperti kolam ikan ya…? hehe. Tapi sekarang sudah terlihat lebih cantik dan layak di bilang sebagai gelanggang kolam renang mangli. Diatas kolam renang Mangli juga berdiri salah satu Pabrik Aqua (Minuman dalam Kemasan) yang tersohor sampai kepenjuru dunia.
8. Gereja Kristen Jawa Wonosobo
Ini lho Gereja Kristen Jawa yang terletak di jalan Bayangkara no. 2, foto diambil tahun 1936 saat peresmian gedung GKJ.
9. Pos Polisi Prajuritan Bawah
Pos Polisi Prajuritan Bawah di Perempatan Muntang, tahun 1980an masih terlihat ASRI karena belum banyak bangunan berdiri kokoh di sekitar POS Polisi tersebut.
10. Masjid Al-Mansur Wonosobo
Masjid Al-Mansur, salah satu masjid tertua di Wonosobo. Medio tahun 2014 halaman depan masjid direnovasi dan kini bisa kalian lihat gerbang Pintu Masjid Al-Mansur Kauman Wonosobo. Di sekitar Masjid juga terdapat makam Mbah Kyai Walik, salah satu pendiri kota Wonosobo.
Demikian 10 foto galeri Wonosobo Tempo Doeloe dan Masa Kini Part 1. Di tunggu aja edisi berikutnya… Kami juga siap menampung koleksi foto klasik kalian yang masih ada hubungannya dengan kota tercinta kita, Wonosobo. Kirim aja ke alamat email kami redaksi@wonosobozone.com, biar kami publis untuk mengobati kerinduan masa lalu dan menambah wawasan pengunjung setia wonosobozone.com agar lebih tahu arti sebuah Sejarah. (Alfan)

lintasme.init(‘right’); // options : left, top, bottom, right

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here