TNI Promosikan Bela Diri Yong Moo Do di Wonosobo

WONOSOBOZONE – Kodim 0707 Wonosobo kembalimerefresh anggotanya untuk berlatih beladiri TNI AD, Yong Moo Do selama 1 hari, Jum’at (22/4). Kegiatan digelar di alun-alun Kota Wonosobo, diikuti personil yang sudah meyandang  DAN I. Seluruh anggota jajaran Korem 072/Pamungkas yang DAN I, mengikuti kegiatan yang diadakan sebulan sekali sesuai Program kerja Korem 072/Pamungkas.
Menurut Serka Abdul Khayi penyandang DAN III dari Kesatuan Sub Denpom Yogyakarta kegiatan kali ini sebagai penyelenggara Kodim 0707/Wonosobo, sedang untuk bulan kemarin di Kodim 0706/Temanggung. Kegiatan dilaksanakan untuk menyamakan Visi dan Misi Bela Diri TNI Yong Moo Do kedepan. Berdasarkan Surat keputusan KONI Jawa Tengah Nomor: 73 / Um / III / 2016 tanggal 3 Maret 2016, Bela Diri TNI Yong Moo Do telah diakui sebagai anggota KONI Jawa Tengah.
Dalam menghadapi PON 19 di Jawa Barat Yong Moo Do diharapkan sudah bisa unjuk kemampuan di even yang bergengsi tingkat nasional, tegas Abdul Khayi. Disamping mempersiapkan Atlit PON juga mencari Wasit dalam Bela Diri ini. Yong Moo Do beladiri yang berasal dari Korea yang gerakan-gerakan dasar tersebut kurang lebihnya berarti pukulan, jatuhan, kuncian, lepas kuncian, rangkaian, kuncian bawah, dan gerakan berangkai, papar Khayi. Di terangkan pula tehnik-tehnik menjadi wasit dalam setiap pertandingan.
Bela Diri ini wajib hukumnya bagi seluruh anggota TNI-AD, lebih-lebih Satuan tempur maupun Banpur, yang personilnya masih muda. Sedang yang ada di Satuan teritorial yang usianya sudah banyak yang mendekati MPP saja masih tetap harus mengikutinya karena itu wajib. Dengan masuknya Yong Moo Do dalam keanggotaan KONI Jawa Tengah, penyandang DAN I bisa berkordinasi dengan KONI Kabupaten setempat untuk mendirikan DOJO. Tentunya harus dipersiapkan segala sesuatunya dalam membentuk DOJO, harus dibuat Kepengurusan tingkat Kabupaten. Tentunya disusun juga masalah AD/ART nya sekalian, biar berjalan sesuai dengan harapan dibentuknya organisasi. Ketua MSH( Majelis Sabuk Hitam) Abdul Khayi berpesan sebelum melangkah ke even Nasional, di adakan Eksibisi dulu di tingkat Kapupaten. Biar masyarakat mengetahui tehnik yang ada di Yong Moo Do, beserta seluruh yang ada dalam Bela Diri ini. Dengan mengenal lebih dalam tentang Yong Moo Do masyarakat akan mencintai beladiri tersebut, tandas Abdul Khayi.
(Report: Pendim 0707/Wsb)
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here