TNI DAN MASYARAKAT BERBURU HAMA TUPAI

WONOSOBOZONE – Mengabdi untuk masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai macam cara salah satunya adalah berburu hama tupai yang saat ini membuat resah para petani coklat dan kelapa.  Atas permintaan masyarakat, Danramil Wadaslintang Kapten Inf Budiyoto mengajak komunitas Lawet Shoting Club untuk berburu tupai dengan lokasi Desa Lancar Waslintang Wonosobo dan desa Pujegan Krakal kebumen. Adapun tupai yang berhasil ditangkap sejumlah 223 ekor. (31/1)
 Kapten Budiyoto menuturkan kegiatan berburu ini mempunyai beberapa tujuan antara lain adalah membantu masyarakat khususnya para petani yang tanamannya dirusak oleh tupai,  karena saat ini tupai liar yang ada jumlahnya sangat banyak sehingga keberadaan tupai tersebut merusak tanaman para petani khususnya pohon kelapa, coklat dan durian.  Tupai bisa berjumlah banyak dikarenakan rusaknya ekosistem yang ada disana.
Tujuan yang lain adalah membina dan mengkoordinir para penghobi berburu dan menembak.  Hoby tersebut apabila tidak ada yang mengkoordinir dan mengarahkan akan membahayakan baik kelingkungan maupun bisa membahayakan manusia itu sendiri. Disamping itu juga mencari bibit para petembak untuk event perlombaan baik tingkat daerah maupun tingkat nasional.
Dalam berburu kali ini diikuti kurang lebih 245 petembak dari berbagai daerah seperti Wonosobo, Kebumen, Banjarnegara, Cilacap dan beberapa kabupaten lainnya. Untuk memotifasi para petembak dalam berburu kali ini dibuat kelompok. Satu kelompok 3 orang dan disediakan hadiah berupa uang pembinaan dan dorprise.  Tiap 1 ekor tupai yang tertembak maka kelompok tersebut mendapat point sehingga semakin banyak tupai yang didapat maka point yang diperoleh semakin tinggi sehingga uang pembinaan bisa diperoleh.
Kegiatan berburu kali ini merupakan kegiatan mempunyai yang mempunyai manfaat multi efek yaitu pihak TNI sebagai bentuk kepedulian dan komunikasi dengan masyarakat.  Masyarakat sangat senang dengan tertangkapnya tupai yang selama ini membuat resah para petani. Kelompok petembak juga merasa senang karena hobinya tersalurkan.  Perbakin juga bisa membina anggotanya dalam menyalurkan program yang sudah terencana dengan tepat sasaran.
Pendim0707

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here