TNI BANTU MASYARAKAT BUAT SUNGAI DAN TANGGUL

WONOSOBOZONE – Beberapa hari yang lalu di Desa Kalikuta Kertek telah terjadi banjir bandang. Karena saat ini curah hujan masih cukup tinggi maka Koramil 06/Kertek berinisiatif maka mengajak masyarakat untuk mengadakan kerja bakti membuat sungai dan tanggul.  Hal ini sangat penting dilakukan agar banjir bandang tidak terjadi lagi.  Setelah dilaksanakan musyawarah desa dengan melibatkan aparat pemerintah dan masyarakat maka diputuskan untuk membuat sungai sepanjang 750 meter lebar 3 meter dan kedalaman 3 meter. Adapun lokasi yang akan dibuat diareal bekas galian C yang saat ini sudah ditutup.
Disela kegiatan karya bakti membuat saluran air dan tanggul tersebut Danramil 06/Kertek Kapten Inf Sutarto mengingatkan kepada warga Kalikuta agar menjuga lingkungan disekitar kita.  Banjir bandang yang terjadi beberapa hari yang lalu itu disebabkan oleh ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Yaitu merusak lingkungan dengan cara menambang pasir menggunakan alat berat.  Padahal daerah tersebut sudah dilarang oleh pemerintah untuk diambil dengan menggunakan alat berat.
Kapten Sutarto menambahkan masyarakat diperbolehkan menambil pasir asalkan dengan cara manual, setelah diambil tanah lapisan atas agar dikembalikan lagi sehingga tanah tersebut bisa ditanami tumbuhan yang bisa menyerap air disaat musim hujan seperti ini.  Karena ulah segelintir orang yang menggali dengan alat berat akan tetapi dampak yang dirasakan saat ini adalah dirasakan oleh banyak orang karena banjir itu menerjang rumah warga dan gedung SMPN 4 Kertek.  Masyarakat dan pengguna jalan raya juga  merasakan dampak yang ditimbulkan oleh kerusakan alam tersebut.  Ini tidak boleh terjadi lagi.
Untuk mempercepat porses pembuatan saluran air dan tanggul dalam kerja bakti kali ini menggunakan alat berat.  Hal ini dipadang perlu karena curah hujan masih tinggi, sehingga dengan alat berat tersebut mempercepat proses pengerjaannya.
Sedangkan tanggul dibuat sebagai penahan air juga kelak jika sudah selesai dalam pengerjaannya akan ditanami pohon oleh anggota Koramil Kertek.  Dengan penanaman tersebut diharapkan akan mempunyai nilai lebih yaitu sebagai peresapan air dan jika nanti pohon tersebut sudah besar bisa dimanfaatkan untuk yang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here