TKM SMK 1 Wonosobo, Pramuka Bukan Sekedar Tepuk Tangan Dan Bernyanyi

WONOSOBOZONE – Salam Pramuka! Selama ini pramuka dikenal sebagai kegiatan yang diisi dengan tepuk tangan, baris berbaris  dan yel yel. Tapi sebenarnya bukan sekedar itu karena pramuka juga bisa menjadi media untuk belajar kepemimpinan, ketegasan, meningkatkan percaya diri dan membentuk karakter.
Hal ini karena tujuan pendidikan dari pramuka ini adalah membentuk watak, akhlak mulia, menanamkan rasa cinta dan semangat kebangasaan serta membekali kaum muda dengan berbagai ketrampilan hidup yang akan dihadapai dimasa mendatang.
Yang menarik di Pramuka kita bisa lebih mencintai alam dan menghargai sesama hidup seperti yang tercantum dalam Dasa Darma dan Tri Satya.
Tegak Karya Manunggal (TKM) 2016 Gardha Swarna Karya SMK 1 Wonosobo jadi buktinya. TKM yang ke-XXIX (29) dilaksakankan ini diikuti oleh 550 orang dari kelas X (sepuluh) dan Dewan Ambalan.TKM adalah puncak dari kegiatan pramuka yang dilaksakan selama setahun oleh kelas X.
Dengan penuh semangat Peserta, Dewan Ambalan dan Pembina mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan. Mulai dari kegiatan Lomba Geguritan, Lomba Gema GSK, Lomba English News Reporter, Api Dharma, Senam, Jelajah Tunas Kelapa, Lomba Kaligrafi, Lomba Murotal, Hasta Karya, Potret Alam Warga, Korve, Lomba Masak, Sosialisasi PKU, Lomba Cerdas Cermat, Funs Game, Tanam Pohon, Mujahadah, Malam Gardha, Bhakti Sosial, Pentas Seni dan Masih banyak lagi.
TKM tersebut berlangsung selama 3 hari, mulai Rabu (24/2/2016) dan berakhir besok Jumat (26/2/2016) yang dilaksakan di Klurahan Kadipaten Selomerto dengan berbaur dengan warga sekitar dan menginap di rumah warga.
Irfan Widiyanto selaku pembina Pramuka SMK 1 Wonosobo dalam sambutanya dimalam garda, Kamis (25/2) mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Klurahan Kadipaten kerena telah menerima murid didik SMK 1 Wonosobo dengan baik, beliua juga meminta maaf bila anak didiknya telah khilaf berbuat tidak baik disengaja maupun tidak.
Dipuncak malam garda juga ada penyerahan hadiah buat Sangah terbaik putra maupun putri yang jatuh pada Sangah Tujung untuk putra sedangkan Sangah terbaik putri jatuh pada Sangah Dompu dan Gelegar terbaik jatuh pada 10 AK 2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here