Tingkatkan Konsumsi Pangan Lokal Pemkab Kebumen adakan Lomba Cipta Menu.

KEBUMEN-Kebutuhan pangan sangat penting untuk dipastikan keamanannya. Untuk itu Pemkab Kebumen mengajak masyarakat untuk membiasakan mengkonsumsi makanan produk lokal. Selain untuk mengoptimalkan potensi,makanan lokal juga lebih dapat dipastikan kesehatannya.

Dikutip dari Radar Banyumas.co.id, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen (Distapang) Pudji Rahayu mengatakan, Hari Pangan Sedunia harus menjadi momentum keluarga untuk mengkampanyekan gerakan konsumsi produk lokal. Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan mulai dari keluarga. Agar anak-anak mau untuk mengkonsumsi makanan sehat. “Gerakan ini harus dilakukan bersama baik pemerintah maupun masyarakat,” ujarnya di acara Lomba Cipta Menu Tingkat Kabupaten Kebumen di alun-alun Kebumen, Minggu (2/12/2018).

Pudji menegaskan, Pemkab Kebumen juga menggandeng Tim penggerak PKK dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) untuk mengkampanyekan makanan produk lokal. Dalam hal ini Perempuan menjadi salah satu elemen penting dalam menyediakan makanan di rumah. Bukan hanya menyediakan saja, diharapkan orang tua juga dapat memberikan contoh makanan yang sehat. “Komitmen para orang tua menjadi sangat penting untuk memberikan pembelajaran memakan makanan  Lokal,” kata dia.

Ketersediaan produk makanan lokal di Kebumen dipastilkan selalu tercukupi dari hasil pertanian. Terutama terkait beras. Sebab beras di Kebumen selalu surplus setiap tahunnya. Sedangkan untuk buah dan sayur juga menjadi salah satu hasil pertanian yang cukup baik di Kebumen. “Masyarakat juga dapat menanam sendiri sayur dan buah di sekitar rumah yang hasilnya dapat dikonsumsi sendiri,” terang Pudji.

Terkait lomba cipta menu tingkat Kabupaten Kebumen diikuti Tim Penggerak PKK kecamatan se-Kebumen. Hasil lomba, Juara I diraih oleh Tim PKK Kecamatan Adimulyo, disusul Juara II PKK Karangsambung. Sedangkan Juara 3 diraih PKK Poncowarno. Para juara mendapatkan piagam, uang pembinaan dan tropi. Khusus PKK Adimulyo, berhak mewakili Kebumen Lomba Cipta Menu Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

BACA JUGA:  Laga Perdana Di Piala Soeratin 2018, BSFA Wonosobo Petik Kemenangan
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.