Tiga Maling Motor di Magelang Ditangkap Saat COD Motor Curian

MAGELANG – Tim Buser Sat Reskrim Polres Magelang berhasil mengungkap ketiga pelaku pencurian sepeda motor dan sepeda onthel. Pelaku ini menjual barang hasil curiannya memanfaatkan media sosial secara Cash On Delivery (COD) yang lebih mudah dan aman.

Ketiga tersangka adalah RAS (24 tahun), warga Desa Wringin Putih, Kecamatan Borobudur, EAS (17 tahun) warga Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, dan RY (25 tahun) warga Ringin Anom, Kecamatan Borobudur. Mereka ditangkap personel Buser Polres Magelang di kawasan Borobudur, Senin (8/7), sekitar pukul 22.30.

Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho mengatakan polisi mengungkap kasus pencurian sepeda motor ini setelah ada laporan pencurian sepeda motor di daerah Tempuran.

“Dari hasil penangkapan terhadap salah satu tersangka, kami menemukan mereka sudah sering melakukan pencurian baik curanmor dan curat sepeda onthel. Ini ada 10 TKP di seluruh Kabupaten Magelang, khususnya di daerah Salaman, Borobudur, semua sudah ada LP-nya,” ujar Yudi dalam jumpa pres di Mapolres Magelang, Jumat (12/7/2019).

Dia menambahkan, para tersangka terakhir mencuri sepeda motor Yamaha Mio H 2590 YL di Dusun Bowan, Desa Tanggulrejo, Kecamatan Tempuran pada 22 Februari 2019.

Dalam  aksinya, ketiga tersangka mengincar motor yang tidak dikunci stang. EAS bertindak sebagai joki dan dua tersangka lain mengawasi serta membantu mendorong motor curian ke tempat aman.

Ketiga tersangka mengaku telah melakukan 10 kali pencurian di wilayah hukum Polres Magelang. Selain sepeda motor, mereka juga mencuri sepeda ontel yang dijual melalui grup jual-beli di Facebook.

Polisi menangkap para tersangka saat proses pembayaran (cash on delivery/COD). “Kami tawarkan melalui FB, grup jual-beli kendaraan Boyolali. Hasil penjualan habis untuk main game online,” kata RAS, tersangka yang juga residivis kasus pencurian tahun 2018.

BACA JUGA:  PAC Ansor Wonosobo Gelar Diklatsar Banser Di Kampung Singkir

Tersangka RAS pernah mendekam di penjara selama 10 bulan. Sekarang, dia bersama kedua rekannya dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

Artikel dikutip dari Gatra.com
Reporter: Angga Haksoro Ardhi 
https://www.gatra.com/detail/news/428295/politic/komplotan-maling-ditangkap-saat-cod-motor-curian–

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.