Tieng Longsor, Jalur Dieng Dipasang Police Line

WONOSOBOZONE – Bahu jalan menuju kawasan Dieng, tepatnya di atas gardu pandang, Desa Tieng, Kejajar mengalami longsor pada Selasa malam (8/3). Pondasi jalan sepanjang sekitar 20 meter amblas dan menimpa lahan pertanian di bawahnya. “Hujan deras sepanjang hari kemarin kemungkinan besar menjadi penyebab longsor,” terang Marno, petugas dari BPBD ketika ditemui tengah memasang garis polisi, Rabu pagi (9/3).
Meski longsor disebut Marno masih jauh dari pemukiman, pihak BPBD bersama kepolisian setempat tetap berusaha menyampaikan himbauan agar masyarakat mewaspadai potensi-potensi longsor di seputar kawasan Desa Tieng. “Untuk keamanan para pengguna jalan, Polisi juga memasang garis pengaman di tepi jalan, serta untuk sementara kami berlakukan buka tutup arus kendaraan dari dan menuju Dieng,” lanjut Marno. Petugas dari BPBD juga dikatakan Marno siap membantu polisi berjaga di lokasi longsor, selain untuk mengamankan pengguna jalan, juga demi memantau potensi kejadian serupa di sekitarnya.
Camat Kejajar, Supriyadi juga mengaku telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait setelah mendapat laporan terjadinya longsor di desa Tieng. “Laporan sudah masuk sejak semalam, dan untuk langkah pengamanan kami telah berkomunikasi dengan jajaran Polsek Kejajar, serta BPBD,” jelas Supriyadi. Kepada segenap masyarakat di sekitar lokasi longsor, pihak Kecamatan juga diakui Supri telah menyampaikan imbauan dan informasi agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan adanya longsor di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka.
Terpisah, Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wonosobo, Agus Purnomo mengungkapkan harapan agar kejadian longsor di jalur menuju Dieng tidak sampai mengganggu para wisatawan. “Kejadian longsor bertepatan dengan hari libur dan kemungkinan besar kawasan Dieng tengah banyak pengunjung,” kata Agus. Agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan, Agus mengaku akan secepatnya berkoordinasi dengan BPBD maupun Camat dan Unsur Muspika Kejajar. “Pengamanan jalur Dieng jelas harus menjadi prioritas untuk sementara ini, karena memang terdapat potensi kerawanan cukup tinggi, terlebih hujan deras masih kerap mengguyur kawasan tersebut,” pungkas Agus.
Bahu Jalan Tieng Longsor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here