Terlibat Dalam Pengamanan Pilkada, Linmas Dibekali Bela Diri

Linmas ini dibanting beneran sama polisi saat latihan bersama

WONOSOBOZONE – Linmas (Perlindungan Masyarakat), yang dahulu lebih dikenal dengan sebutan Hansip, bakal memiliki peran strategis dalam upaya pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Wonosobo. Bersama TNI dan Polri, unsur Linmas akan terlibat dalam upaya menjaga keamanan berbagai objek vital (Obvit) sepanjang gelaran Pilkada berlangsung. Demi mengoptimalkan peran unsur Linmas tersebut, Kantor Satpol PP dan Linmas menggelar pelatihan kesamaptaan dan beladiri di halaman Pendopo Kabupaten, Senin (26/10). Menggandeng Sat Binmas Polres dan Kodim 0707/Wonosobo, pelatihan selama sehari tersebut diharapkan mampu meningkatkan keterampilan 100 angota Linmas di setiap wilayah.

“70 anggota Linmas Inti dan 30 perwakilan Linmas Kecamatan diberikan pembekalan berupa materi Permendagri Nomor 84 Tahun 2014, kesamaptaan dan beladiri,” jelas Kasatpol PP dan Linmas, Faisal RB. Materi Permendagri No 84 2014, disebut Faisal mengatur upaya perlindungan masyarakat, sementara kesamaptaan berupa pelatihan baris berbaris dan lari keliling kota Wonosobo. “Selain kedua materi itu, Sat Binmas Polres Wonosobo juga memberi pelatihan bela diri untuk mengantisipasi jika sewaktu waktu anggota Linmas harus berhadapan langsung dengan oknum pengacau keamanan,” tutur Faisal.

Selain dalam rangka pengamanan Pilkada, pelatihan tersebut menurut Faisal juga bertujuan untuk menyiapkan Linmas agar nantinya bisa berkontribusi bagi upaya pengamanan Objek Vital. “Mulai 1 November, upaya pengamanan rutin objek vital akan kami mulai, dan bakal melibatkan Linmas,” beber Faisal.

Objek vital yang dimaksud Faisal, antara lain adalah jaringan PLN, Telkom, PDAM, kantor pemerintah, perbankan, hingga rumah Dinas Bupati, Wabup, dan Rumdin Sekda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here