Tebing Perum Purnamandala Longsor

WONOSOBOZONE – Akibat hujan deras yang mengguyur kota Wonosobo dan sekitarnya sepanjang  hari, kemarin, sebuah tebing di komplek Perum Purnamandala RT 7 RW 5 Kelurahan  Bumirrso Wonosobo, Longsor.

.

Meski tidak ada korban jiwa, tebing setinggi kurang lebih 10 meter yang longsor, cukup membahayakan kondisi beberapa rumah warga yang ada diatasnya.

.

Di bawah tebing yang longsor kini tengah dibangun beberapa perumahan oleh salah satu pengembang.

.

Agung Setia Budi (35), warga RT 7 RW 5 Perum Purnamandala, yang rumahnya persis di atas tebing yang longsor mengatakan jika tidak segera di atasi, kondisi tersebut bisa membahayakan rumahnya dan beberapa rumah tetatangganya yang letaknya saling bergandengan. Apalagi belakangan ini intensitas hujan sudah cukup tinggi dan dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan.

.

Pantauan di lokasi longsor terlihat permukaan tanah telah ambrol, pohon penyangga bertumbangan dan tanah melorot ke tebing dibawahnya.

.

Guna mengantisipasi longsor susulan warga menutup lokasi longsor dengan terpal. Hal itu dilakukan agar tanah tidak terguyur hujan dan longsor tidak terjadi lagi.

.

Ketua RT 7 RW 5 Perum Purnamandala, Edi Sugiman berharap pihak pengembang membangun senderan di lokasi longsor agar tanah longsor tidak terulang lagi begitu musim hujan tiba.

.

Tebing yang ada saat ini cukup tinggi dan panjang. Selain itu di lokasi tebing minim sekali pohon penyangga atau penguat tebing, yang ada hanya semak belukar yang tidak cukup kuat menahan tanah jika longsor terjadi.
BACA JUGA:  Praja Bakti Taruna Akmil di Wonosobo
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.