Tebar 5.000 benih Ikan, Dandim Ajak Warga Jaga Ekosistem Telaga Menjer

WONOSOBOZONE – Komandan Kodim 0707/Wonosobo, Letkol CZI Dwi Hariyono menebar 5.000 benih Ikan jenis Nila di telaga Menjer, Desa Maron, Kecamatan Garung, Kamis (14/7). Bersama Kepala Kantor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Agus Purnomo, Dandim berharap ditebarnya benih ikan tersebut mampu menggugah kesadaran warga sekitar telaga untuk mengupayakan terjaganya ekosistem Menjer. “Telaga menjer ini merupakan salah satu potensi yang dimiliki Wonosobo, sehingga sudah sewajarnya apabila kita semua turut berpartisipasi aktif menjaga dan melestarikannya,” tutur Letkol Dwi seusai menebar ikan di tengah telaga.

Inisiatif untuk menyumbang benih ikan di telaga Menjer, menurut Dandim tak lepas dari adanya keluhan warga Desa Maron, yang mengaku kini jumlah ikan di telaga terus menurun. “Ada oknum-oknum warga dari sekitar telaga yang lebih suka mengambil ikan dari telaga dengan cara nyerok memakai jala sehingga semua ikan terjaring, termasuk yang kecil-kecil,” terang Dandim. Hal itu, menurutnya akan merugikan di masa depan, karena salah satu potensi yang menarik wisatawan adalah ikan dari telaga Menjer yang terkenal enak ketika diolah menjadi beberapa jenis masakan. Ketiadaan ikan, dikatakan Dandim juga akan mengurangi minat para wisatawan yang gemar memancing, sehingga jelas merugikan bagi pengelolaan obyek wisata.

Pentingnya telaga Menjer bagi perkembangan kepariwisataan Wonosobo juga diungkapkan Kepala Parekraf, Agus Purnomo. Dengan potensi keindagan alam yang memukau, serta didukung oleh kuliner khas berupa olahan ikan dari telaga, Menjer diakui Agus sangat potensial menarik banyak pengunjung. “Saya mendengar dari Ketua Karang Taruna setempat, sepanjang liburan Idul Fitri, pengunjung telaga mencapai 500-600 orang per hari, dan sebagian besar memiliki minat terhadap keindahan pemandangan di seputar Menjer,” kata Agus. Sebagian wisatawan lain, menurut Agus tertarik untuk mengadu untung dengan memancing ikan khas telaga.

Inisiatif Dandim dan Kepala Parekraf untuk menebar benih ikan di telaga Menjer diapresiasi sangat positif oleh Kades Maron, Marji. Warga sekitar telaga, dikatakan Marji memang selama ini sangat bergantung pada potensi Menjer. “Kebanyakan warga berprofesi sebagai nelayan, sehingga keberadaan ikan di telaga menjer ini bakal sangat membantu mata pencaharian warga kami,” pungkas Marji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here