Tasyakuran Malam Kemerdekaan Berlangsung Khusyuk

WONOSOBOZONE – Malam tasyakuran dan doa bersama untuk Indonesia dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke 71, yang digelar Pemkab Wonosobo di Pendopo Kabupaten, Selasa (16/8) berlangsung khidmat. Bupati-Wabup, Ketua DPRD dan jajaran Forkompinda, serta para pejabat Pemkab yang hadir terlihat khusyuk mengikuti tausiyah dan doa bersama, dipimpin oleh KH R Mutiqun Asnawi. Melalui tausiyahnya, Kyai Mutiqun mengingatkan segenap hadirin agar tak melupakan jejak sejarah, termasuk bagaimana Negara Indonesia dibangun para pendirinya, dengan berdasar pada keyakinan kemerdekaan yang diraih adalah rahmat dari Allah Yang Maha Kuasa. “Sejarah sudah mengajarkan bagaimana para pendiri bangsa melibatkan penuh kalangan ulama ketika hendak menyusun dasar Negara,” tegas pengasuh Ponpes Al Anwar, Jawar Mojotengah itu.
Pengorbanan para pejuang dan para ulama di masa-masa perebutan kemerdekaan, menurut KH Mutiqun masih sangat layak menjadi teladan bagi generasi penerus bangsa, agar upaya untuk melanjutkan perjuangan senantiasa dilandasi semangat pantang menyerah dan rela berkorban. “Semua pihak harus saling bekerjasama demi kemajuan Wonosobo, saling menjaga dan mengingatkan demi keutuhan bangsa Indonesia,” tandasnya sebelum prosesi pemotongan tumpeng oleh Bupati.
Tausiyah dari ulama kharismatis tersebut sejalan dengan keinginan Bupati Wonosobo, Eko Purnomo. Dalam sambutannya, Bupati menegaskan bahwa jajaran Pemerintah Kabupaten Wonosobo akan terus berupaya mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang demi meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat. “Sebagaimana visi dan misi yang telah kami canangkan, kesejahteraan dan kemandirian masyarakat Wonosobo menjadi sasaran prioritas pembangunan,” tegas Bupati. Upaya meningkatkan kualitas layanan publik, menurut Eko juga terus dilakukan. “Aparatur Sipil Negara (ASN) di birokrasi Pemkab harus memiliki semangat melayani masyarakat, seperti halnya kegihihan para pejuang merebut kemerdekaan Indonesia,” tandas Bupati. Dengan ikhtiar nyata dan  semangat berjuang, serta dibarengi dengan doa, Bupati meyakini cita-cita mewujudkan Wonosobo yang sejahtera dan mandiri akan lebih cepat terwujud.
Keyakinan yang sama, bahwa Wonosobo akan mampu merealisasikan cita-cita juga disuarakan Wakil Bupati, Agus Subagiyo. Menurut Agus, momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI selalu mampu menggelorakan kembali semangat untuk meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa, yang telah merelakan jiwa dan raga demi Indonesia Merdeka. “Harapan kami tentu momentum ini juga dimaknai seluruh pemangku kepentingan dan elemen penting pemerintahan Daerah, baik di eksekutif maupun legislatif, sehingga kita bisa sinergis dalam mengupayakan terwujud nya Wonosobo yang maju, mandiri, sejahtera, aman dan nyaman untuk semua,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here