Tari Topeng Wonosobo

WONOSOBOZONE – Wonosobo mempunyai berbagai macam ciri khas yang berbeda dengan daerah-daerah lain yang berada dikawasan Jawa Tengah ataupun provinsi manapun.

Wonosobo mempunyai berbagai macam Kebudayaan, Gaya Hidup Masyarakat, Makanan Khas dll.

Tak lupa Wonosobo juga mempunyai kesenian yang sangat populer dikalangan masyarakat. Yaitu Tari Topeng, Tari Topeng merupakan suatu kesenian yang berasal dari Wonosobo asli.

Hampir dari tiap-tiap kecamatan yang ada dikabupaten Wonosobo mengembangkan seni ini.
Seni ini digunakan diberbagai acara resmi maupun tidak resmi.
Kadang juga Tari Topeng ini digunakan untuk meramaikan acara Ruwatan Rambut Gimbal, kadang juga dihari besar-besar tertentu.

Yang menarik dari Tari Topeng adalah aksi atraktif dari pemain seperti : Makan Gelas, Rumput, menusuk diri, makan bara api, berjalan di atas paku, berjalan di atas api, mengupas kelapa dengan mulut, menarik beban berat dengan gigi dan lain-lain. 
Usut punya usut, saat-saat atraksi dilakukan sang pemain dalam keadaan tidak sadar atau dalam pengaruh lelembut yang membayanginya. atau biasa disebut “NDADI/MENDEM”
Ndadi sendiri mempunyi banyak arti, diantaraya adalah : 
  1. Menjadi-jadi atau sebagai makhluk jadi-jadian (dalam hal ini menirukan pola hewan yang mereka jadi).
  2. Kesurupan, yaitu adanya roh-roh yang menyusup dalam raga pemain.
  3. Menjadi tidak sadar karena dalam pengaruh lelembut. 
Hal demikian dapat terus terjadi bila gamelan (musik) masih dimainkan, namun bila musik berhenti. mereka akan lebih mengamuk dan marah. untuk menyadarkan pemain, perlu adanya sang pawang dan sesaji yang mereka kehendaki. sang pawang biasanya membaca mantra dan do’a-do’a untuk menyelamatkan jiwa pemain serta membebaskannya dari pengaruh roh yang sedang merasuk dalam raga pemain. Sehingga pemain dapat kembali sadar.(AM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here