Tarawih Keliling, Wakil Bupati Serahkan Bantuan

WONOSOBOZONE – Wakil Bupati serahkan bantuan untuk Masjid Jami Al Maun Dusun Mangunsari, Desa Margosari Kecamatan Sukoharjo dalam rangkaian Tarawih Keliling Pemerintah Kabupaten Wonosobo, Selasa 14 Juni malam. Bantuan diserahkan langsung kepada KH Miftahudin sebagai sesepuh Masjid.
Wabup Agus Subagyo menyampaikan apresiasi kepada jamaah masjid Jami’ Al Ma’un atas partisipasinya, sehingga bisa terselenggara kegiatan tersebut. Agus meminta warga masyarakat Mergosari untuk memberikan dukungan yang positif secara terus menerus dengan skala yang luas demi membantu Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan Wonosobo serta bekerjasama untuk mengentaskan kemiskinan.
Terkait kemiskinan, Wabup mengajak masyarakat untuk mengubah pola pikir yang lama dengan menanamkan pola pikir baru, salah satunya menghilangkan budaya nikah muda, sehingga mengurangi permasalahan sosial ekonomi dan lainnya yang ditimbulkan akibat nikah muda tersebut, yang menurut pandangan itu yang merupakan salah satu yang menjadi indikator tingginya tingkat kemiskinan di Wonosobo.
Untuk permasalahan kesehatan, masyarakat diminta harus peka dengan perkembangan lingkungan sekitar, serta meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya kesehatan, dimulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat tempat mereka tinggal dan tempat dimana masyarakat beraktifitas di kesehariannya, Wabup minta masyarakat benar-benar memperhatikan lingkungan untuk terus meningkatkan kesehatan, misal dengan melakukan jambanisasi, atau dengan adanya Saptictank komunal. Harapan Wabup, dengan selalu memperhatikan perkembangan yang ada, masyarakat sendiri mampu melakukan antisipasi dan deteksi dini jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, sehingga kesehatan lingkungan dan masyarakat tetap terjaga. Wabup juga berharap dana desa tidak hanya difokuskan pada infra sturktur saja namun melihat skala yang lebih mendesak atau urgen untuk kepentingan umum.
Sedangkan pengisi pengajian pada Tarling kali in oleh KH.Mahbub dari Kementrian Agama Kabupaten Wwonosobo, yang menyampaikan puasa sudah memasuki etape kedua, tentu saja di etape ini ibadah harus lebih ditingkatkan lagi, salah satunya dengan mematangkan niat, yang tidak hanya diucapkan di lisan saja namun harus sampai masuk kehati, dan saat ini yang harus dilakukan adalah merenungkan kualitas puasa yang sudah dilaksanakan, dan meningkatkan lagi di etape kedua. Jamaah tarling juga diingatkan, bahwa puasa menanamkan keseriuasan, dan pengendalian diri dengan menahan hawa nafsu, serta membentuk kebersamaan, untuk meningkatkan dan mempertahankan silaturahmi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here