Tahun Pertama, Event Gebyar Budaya dan Seni Desa Margoyoso Sukses Digelar

MAGELANG – Tahun pertama penyelenggaraan, Pemerintah Desa beserta para pemuda telah sukses mengadakan “Gebas Gebes” atau Gebyar Seni dan Budaya, Desa Margoyoso Kecamatan Salaman Magelang, pada (29-31/8/2019).

PJ Kades Margoyoso Marjan Triyono, mengatakan, tahun ini merupakan sebuah tahun yang istimewa bagi Desa margoyoso, pasalnya dapat menggelar acara “Gebas Gebes Desa Margoyoso” 2019 dengan sukses. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk menyatukan seluruh warga masyarakat desa agar dapat bergembira bersama.

“Selain itu, tujuan diselenggarakan acara ini adalah untuk memunculkan berbagai potensi yang dimiliki desa. Mulai dari seni, budaya hingga Kuliner. Semakin banyak diketahui orang, maka semakin besar pengaruhnya terhada bidang ekonomi. Perputaran uang di desa bisa semakin besar,” katanya.

Di hari pertama, acara ini dimulai dengan mengarak gunungan dari setiap dusun yang berisikan hasil bumi dan juga gunungan utama yg berisi makanan khas desa Margoyoso yaitu gula jawa dan “bajingan” sebuah nama makanan berbahan dasar ketela pohon yang di kukus menggunakan nira kelapa.

Setelah diarak dari dusun yang terletak paling ujung utara desa, gunungan-gunungan tersebut dibawa menuju ex lapangan yang berada di dusun Tlogosari. Setelah gunungan sampai disana gunungan ditata berjajar dipinggir lapangan. Kemudian seluruh jajaran pemerintah desa beserta masyarakat melaksanakan upacara bersama menyambut HUT RI Ke 74 dilanjutkan dengan kesenian “Garuda Emas”  tarian asli Desa Margoyoso. Acara pun semakin meriah hingga hari ke tiga.

Sementara Adi Daya Perdana selaku Ketua penyelenggara berharap event ini menjadi agenda rutin sehingga bisa dilaksanakan kembali ditahun-tahun berikutnya.

BACA JUGA:  Tiga Tahun Masuk DPO, Akhirnya Tertangkap
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.