Surat Cinta Untuk Pelajar Wonosobo

WONOSOBOZONE – Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat utamanya pelajar sekolah tingkat atas, Satlantas Polres Wonosobo menggelar kegiatan razia teguran dengan nama Surat Cinta Untuk Pelajar 2 : Lovely Tickets. Seperti yang dilakukan di SMA Negeri 1 Watumalang, Senin (13/3) pagi. Sejak pukul 06.30 Wib beberapa Polantas sudah menggelar razia di pintu masuk sekolah. Satu persatu siswa yang menggunakan sepeda motor diperiksa kelengkapannya mulai dari helm hingga surat kelengkapan lainnya.
Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan, S.I.K. melalui Kasatlantas AKP SS. Udiono yang memimipin langsung kegiatan menyatakan para pelajar yang terjaring razia tersebut kemudian dilakukan pendataan. “Untuk yang tidak lengkap dan tidak memakai helm, kami berikan teguran tertulis. Karena surat teguran ini berwarna merah muda, maka kami menyebutnya sebagai surat cinta yang merupakan wujud cinta dan kepedulian kami akan keselamatan berkendara para siswa,” katanya. “Sementara bagi mereka yang sudah lengkap, tetap kami data untuk kami berikan hadiah,” lanjut Kasatlantas.
Setelah kegiatan razia tersebut, seluruh siswa kemudian dikumpulkan dan diberikan himbauan kamseltibcarlantas. “Saya sampaikan, berkaitan dengan kegiatan Operasi Simpatik Candi 2017 ini, Satlantas akan rutin melaksanakan kegiatan semacam ini untuk memberikan pemahaman tentang arti penting keselamatan berkendara,” ujar Kasatlantas di hadapan para siswa. “75 persen kecelakaan lalulintas utamanya sepeda motor melibatkan pelajar. Oleh karenanya saya menghimbau kepada para siswa sekalian untuk selalu berhati-hati saat naik sepeda motor. Jangan lupa pula untuk selalu menggunakan helm agar bila terjadi kecelakaan, kepala yang merupakan bagian vital tetap terlindungi,” lanjutnya.
Kegiatan yang juga dihadiri Kapolsek Watumalang, Kepala UPTD Diknas Watumalang dan Kepala Sekolah SMA 1 Watumalang tersebut mendapat sambutan positif dari para siswa maupun guru. “Pertama sih takut. Kirain ada apa. Tapi setelah mendapat penjelasan dari Kasatlantas jadi senang. Dapat hadiah pula,” ujar salah seorang siswa.
Sementara itu Kepala Sekolah SMA 1 Watumalang Drs. M. Khusnan, M.Pd.I. menyambut baik dilaksanakannya kegiatan tersebut. “Kami sangat senang dengan dilaksanakannya kegiatan ini. Para siswa kami bisa mendapat penjelasan langsung dari Kasatlantas,” katanya. “Kondisi geografis dan keterbatasan angkutan menjadikan sepeda motor sebagai alternatif termudah untuk berangkat sekolah. Semoga setelah ini para siswa jadi paham dan mau tertib berlalulintas,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here