Sukoharjo Lakukan Gertam Cabai, Perangi Harga Cabai yang Aduhai

WONOSOBOZONE – Awal Tahun 2017 ini, masyarakat disambut dengan mahalnya harga cabai di pasar. Melonjaknya harga cabai membuat rakyat semakin menjerit, setelah rakyat dibebani dengan adanya kenaikan tarif daya listrik dan kenaikan tarif BBM. Kenaikan harga cabai yang terjadi saat ini sudah tak wajar yakni mencapai seratus ribu rupiah per kilogramnya.
Berawal dari isu nasional ini, TP PKK Kabupaten Wonosobo mengadakan Program Penanaman Cabai yang mewajibkan setiap KK di Kabupaten Wonosobo untuk menanam minimal 20 pohon cabai. Menindaklanjuti kegiatan yang tengah hits di Kabupaten Wonosobo ini, Tim Penggerak PKK Kecamatan Sukoharjo melakukan kegiatan serupa yang diawali dengan adanya Launching Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabe) Tingkat Kecamatan Sukoharjo pada hari Selasa, 21 Februari 2017 di area Kantor PKK Kecamatan Sukoharjo.
Kegiatan launching Gertam Cabe Tingkat Kecamatan Sukoharjo dihadiri oleh Dewan Pembina PKK Kecamatan Sukoharjo, 17 Kepala Desa se Kecamatan Sukoharjo beserta Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Sukoharjo. Kegiatan ini disertai pemberian bibit cabai secara simbolis oleh Ketua TP PKK Kecamatan Sukoharjo, Ny. Tatik Mulyono kepada Ketua TP PKK Desa Sempol, Ny. Suryati Teguh Santoso sebagai Desa Percontohan Cabai di Tahun 2017. Sebagai Desa Percontohan cabai, nantinya Desa Sempol akan ditinjau progressnya secara periodik.
Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kecamatan Sukoharjo menyampaikan agar media tanam cabai tidak harus di polibag, tetapi bisa menggunakan barang bekas seperti plastik bungkus minyak goreng, plastik bungkus detergen dan lain sebagainya. Dengan langkah tersebut selain memanfaatkan lahan pekarangan secara maksimal juga mengurangi sampah yang ada di lingkungan.
Pada acara inti, Ketua TP PKK Kecamatan Sukoharjo bersama jajaran pengurusnya mengajak Ketua TP PKK Desa se Kecamatan Sukoharjo beserta seluruh peserta yang hadir melakukan kegiatan penanaman cabai pada polibag yang sudah disediakan secara bersama-sama. Hal ini sebagai wujud nyata TP PKK Kecamatan Sukoharjo dalam mensukseskan program Penanaman cabai di wilayah Kecamatan Sukoharjo.
Camat Sukoharjo, Drs. Mulyono sangat mengapresiasi kegiatan ini, dalam sambutannya beliau berharap agar kader PKK desa bisa termotivasi untuk menggerakan masyarakat dalam menanam cabai sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Pengurus PKK Kecamatan Sukoharjo. Dan berpesan kepada seluruh Kepala Desa untuk mendukung kegiatan positif ini agar benar-benar terasa manfaatnya bagi masyarakat.
Adanya Gerakan Tanam Cabai sampai ke pelosok-pelosok desa di wilayah Kecamatan Sukoharjo diharapkan bisa ikut berpartisipasi dalam menytabilkan harga cabai nasional, mengurangi anggaran belanja yang dikeluarkan keluarga dan menambah penghasilan ekonomi keluarga.
Sagiyem
Fulltimer PKK Kecamatan Sukoharjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here