Siap Tanggapi Pengguna Panic Button, Polres Wonosobo Siapkan Team Hanoman

WONOSOBOZONE – Dalam upaya memberikan respon cepat terhadap masyarakat pengguna aplikasi ‘panic button’, jelang peresmian aplikasi android ‘smile police’ Polda Jateng, Polres Wonosobo menyiapkan Tim Hanoman.  Upaya ini diharapkan mampu memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan Polisi. Panic button sendiri dirancang oleh Polri sebagai sarana untuk meminta bantuan Polisi dalam keadaan darurat.
Ditemui di kantornya pada Kamis (2/2), Kapolres Wonosobo AKBP Muhammad Ridwan, S.I.K. melalui Kasubbag Humas AKP Agus Priyono, S.H. menyampaikan bahwa sesuai dengan tujuan ‘panic button smile police’ Polda Jateng sendiri yaitu untuk memberikan bantuan secepatnya kepada masyarakat. “Utamanya bagi korban kejahatan. Dengan semakin cepat polisi mendatangi TKP serta melakukan olah tempat kejadian perkara maka prosentase pengungkapan kasus tersebut akan semakin tinggi,” katanya. “Apalagi untuk kejahatan jalanan, diharapkan dapat langsung melakukan tangkap tangan terhadap pelakunya,” ungkap Kasubbag Humas.
Tim respon panic button ini merupakan anggota Tim Hanoman (Pemelihara Wonosobo Aman) yang dilengkapi dengan kecakapan khusus dan peralatan lengkap. “Sesuai mekanisme dari aplikasi panic button, personel polisi yang paling dekat dengan lokasi  akan mendatangi dan langsung mengkonfirmasi ke command center Polres Wonosobo,” jelas AKP Agus. “Dan jika kejadian tersebut tidak mampu ditangani polisi terdekat ataupun terkonfirmasi sebagai sebuah tindak pidana, maka kami akan langsung meluncurkan Tim Hanoman guna melakukan Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) maupun olah TKP,” terangnya.
“Selain stand by di Mapolres, Tim ini juga akan melaksanakan patroli di seluruh wilayah Wonosobo. Sehingga diharapkan, jeda waktu mendatangi TKP dapat diminimalisir,” ujar Kasubbag Humas. “Tujuan akhirnya adalah kami dapat memberikan pelayanan secepat dan setepat mungkin terhadap masyarakat yang membutuhkan, terutama korban kejahatan,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here