SETDA BANJARNEGARA ADAKAN WORKSHOP LEGAL DRAFTING

BANJARNEGARA – Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Banjarnegara, mengadakan kegiatan Workshop Legal Drafting yang bertempat di Sasana Bhakti Praja Setda Kabupaten Banjarnegara, Selasa (18/12/2018).

Kegiatan ini sebagai pendorong para Pejabat Pembuat Komitmen untuk memahami dan melaksanaan pengadaan barang/jasa sesuai dengan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Dikutip dari official instagram @kabupatenbanjarnegara, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara, Indarto, mengatakan perencanaan pengadaan memegang peranan yang sangat penting dan strategis, karena proses pengadaan yang tidak direncanakan dengan baik akan bermuara pada permasalahan pengadaan di akhir tahun dan berpotensi menjadi temuan auditor.

“Sebagian besar permasalahan pengadaan terjadi karena lemahnya pengadaan” katanya.

Menurutnya perencanaan pengadaan tidak dapat lepas dari peran Pejabat Pembuat Komitmen, yang sesuai perpres No. 16 Tahun 2018 pasal 11 ayat 1 huruf a yang berbunyi ‘PPK dalam pengadaan barang/jasa sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 huruf c memiliki tugas menyusun perencanaan pengadaan’.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa, dijelaskan bahwa pengadaan barang/jasa pemerintah tidak sekedar mencari harga termurah dari penyedia. Namun menurut indarto, tujuan pengadaan saat ini telah berubah menjadi menghasilkan barang/jasa yang tepat dari setiap uang yang dibelanjakan, diukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya dan penyedia.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini yakni untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan bari para PPKom tentang Pengadaan Barang/Jasa. Sebab, Peranan Pejabat Pembuat Komitmen sangat penting dalam menentukan keberhasilan pelaksanaan pengadaan dari awal sampai akhir proses,” pungkas indarto

Artikel ini dikutip dari official instagram @kabupatenbanjarnegara, dengan judul “Pengadaan Barang Tidak Mencari Harga Termurah”, link https://www.instagram.com/p/BrhupRjhnqh/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=ecn3eij6ynlj

BACA JUGA:  Bantu Pengungkapan Kasus, Masyarakat Dapat Penghargaan Kapolres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.