Sesorah Basa Jawa Kembali Digelar

WONOSOBOZONE – Sebanyak 30 orang perwakilan dari kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari sejumlah desa mengikuti kegiatan Sesorah Basa Jawa yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo, Rabu (11/7). Kegiatan yang bertujuan untuk mendorong cara berbahasa jawa secara baik dan benar ini, menurut Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Bambang Sutejo, kembali digelar untuk kali kedua setelah pelaksanaan kegiatan sebelumnya pada bulan Februari hingga April lalu dengan peserta dari pimpinan OPD.

“Sesorah Basa Jawa kali ini sudah mulai digelar pada Rabu (4/7) lalu yang dibuka secara langsung oleh Kepala Dina Kominfo Wonosobo Eko Suryantoro,” ungkap Bambang. Kepala Dinas Kominfo, diakui Bambang mengungkap pentingnya keterampilan berbahasa jawa, yang saat ini sudah jarang digunakan. Di samping itu dalam kegiatan yang akan dilaksanakan setiap Rabu selama 3 bulan tersebut juga akan disampaikan tata cara adat budaya jawa lengkap, seperti tata cara adat pernikahan.

Sama seperti pelatihan sebelumnya, Sesorah Basa Jawa kali ini juga menghadirkan 4 dwija yang akan menyampaikan materi selama pelatihan berlangung secara bergantian. Materi yang disampaikan meliputi Jiwaning Wedaran, Upacara Adat Nganten, Ngadi Sarisa Ngadi Busana, Kawruh Seni Pedhalangan, Pamedhar Sabda tuwin Pranata Cara dan Teknik Wedar dan sebagainya.

Dari kelas sesorah tersebut, Bambang berharap nantinya peserta, khususnya para pengeloka KIM, akan memiliki keterampilan berbahaya Jawa secara baik dan benar. “Siapapun yang terampil berbahasa Jawa sesuai standar baku, serta menguasai adat istiadat serta Budaya yang adiluhung ini, akan sangat bermanfaat Bagi Lingkungan sekitar nya,” tandas Bambang. Dinas Kominfo, ditegaskannya akan terus berupaya memaksimalkan perannya dalam upaya mencerdaskan masyarakat serta turut aktif nguri-uri Budaya Jawa, termasuk salah satu nya melalui kelas sesorah Basa Jawa.

BACA JUGA:  Pemkab Lakukan Pemantauan dan Inventarisasi Pilar-Pilar Batas Daerah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here