Sensus Ekonomi 2016, BPS Wonosobo Kerahkan 739 Petugas

WONOSOBOZONE – Sebanyak 739 petugas Sensus Ekonomi 2016 (SE2016) dikerahkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Wonosobo untuk menyongsong kegiatan SE2016. Yang pelaksanannya dimulai dari tanggal 01 Mei sampai 31 Mei 2016.
Mengingat waktunya yang tidak lama lagi untuk menghadapi tahapan penting SE2016, yaitu pencacahan lapangan. Para petugas tidak ada waktu lagi untuk bersantai santai, semua sudah berada di posisi siaga I. Demikian disampaikan Kepala BPS Kabupaten Wonosobo, Ir. Herawati Kusumaningsih, MM, saat memimpin Apel Siaga SE2016. Bertempat di halaman Kantor BPS Kabupaten Wonosobo, Jum’at, 18/03/16.
Pada kesempatan itu Herawati juga menyampaikan bahwa Apel Siaga ini menjadi momentum untuk membangkitkan awareness dan membangun semangat seluruh jajaran BPS dan bangsa Indonesia untuk berjalan dalam satu irama, satu pikir dan satu tujuan untuk mensukseskan SE2016. Karena Data SE2016 ini juga dapat memotret daya saing bisnis di Indonesia dan menentukan posisi perekonomian Indonesia diantara negara negara di kawasan Regional maupun Internasional. Apalagi menghadapi MEA yang harus diantisipasi dan disikapi secara cermat dan cerdas.
Pelaksana SE2016 memang BPS, tetapi tanggung jawab untuk mensukseskannya bukan hanya milik BPS, tetapi juga seluruh elemen bangsa ini karena bangsa Indonesia lah yang akan memperoleh hasilnya. Oleh karena itu kualitas para petugas harus benar benar terjamin, karena mereka yang akan berhadapan langsung dengan responden. Petugas harus bekerja secara professional, berintegritas, dan amanah. Karena kualitas petugas SE2016 sangat menentukan kualitas Data yang mereka kumpulkan.
Sementara menurut Kasi Statistik Distribusi BPS Kabupaten Wonosobo, Novi Hardianto, Sensus Ekonomi merupakan pendataan yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia yang mencakup seluruh aktivitas ekonomi kecuali pertanian. SE2016 juga bertujuan untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi kecuali sektor pertanian, dan sebagai landasan menyusun kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan bagi pemerintah baik pusat maupun daerah. Dan bisa digunakan untuk memberi gambaran lengkap level dan struktur ekonomi, memperoleh informasi dasar semua sektor ekonomi, mengetahui karakteristik usaha di daerah maupun di Indonesia dan mengetahui daya saing di Indonesia.
Oleh karena itu Novi mengharapkan kepada seluruh masyarakat terutawa Wonosobo untuk ikut mensukseskan SE2016. Dan berpartisipasi nyata dengan menerima petugas serta memberikan data yang sebenarnya. Karena data yang diberikan akan dijamin kerahasiaannya oleh Negara.
Usai mengikuti Apel Siaga SE2016, para peserta apel juga melakukan kampanye demi suksesnya SE2016, dengan berkeliling seputar Kota Wonosobo dan membagikan liflet/selebaran tentang SE2016.    

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here