Sendang Air Biru Kalicecep Jadi Buruan Pecinta Selfie

Kali Biru Kalicecep
WONOSOBOZONE – Sebuah sendang yang letaknya tersembunyi di Dusun Kalicecep, Desa Bajiarum, Kertek kini populer di kalangan penggemar swafoto ( selfie). Di setiap harinya, tak kurang dari 20 orang berkunjung ke sendang yang berada di aliran sungai Kawung tersebut.
Jumlah itu menjadi berlipat hingga mencapai ratusan ketika akhir pekan tiba. Warga dusun setempat pun mulai berbenah demi menambah kenyamanan bagi para pengunjung. Dalam waktu dekat, area untuk parkir kendaraan juga akan disediakan, tak jauh dari lokasi. Suyatno Ahmad, salah satu perangkat desa setempat menjelaskan daya tarik sendang yang kini menjadi objek wisata baru itu terletak pada airnya yang jernih dan memancarkan warna kebiruan.
“Sendang kalicecep ini berada di bawah curug, yang meski tidak terlalu tinggi, airnya cukup deras,” terang Suyatno kepada beberapa remaja yang datang mengunjungi sendang, Sabtu (5/3) . Mengenai warna biru yang terlihat, menurut Yatno berasal dari batuan di dasar sungai. Kilau kebiruan air di permukaan sendang dengan kedalaman sekitar 3 meter tersebut memang terlihat sangat menarik, terlebih ketika cuaca cerah dan sinar matahari menyinari kawasan itu. “Pendar biru sudah terlihat dari kejauhan, sekitar 20 meter di bawahnya, sehingga kami benar-benar dibuat takjub,” ujar Intan (16), pelajar putri dari salah satu SMK di Wonosobo yang datang bersama 5 temannya ke Kalicecep. Jernihnya air sendang, membuat Intan dan teman-temannya pun langsung berselfie ria dengan berbagai pose berlatar belakang curug. “Sayangnya tadi tidak mempersiapkan baju ganti sehingga tidak bisa berendam,” sesal Intan.
Keinginan untuk mandi dan berendam di sendang yang diyakini airnya bisa membuat kulit terlihat lebih muda itu dikatakan pula oleh Erwin (30). Pria asal Selomerto yang datang bersama teman-teman fotografer tersebut mengakui kesegaran air sendang Kalicecep membuatnya betah berlama-lama. “Untuk para peminat fotografi, sendang berair biru ini jelas menjadi objek foto yang sangat layak, karena areanya memang sangat eksotis,” jelas Erwin. Setelah puas mengambil gambar, maka kegiatan selanjutnya yang tak kalah menarik, menurut Erwin adalah mandi dan berendam di sendang. 
Selain sebagai background foto, sendang biru di Kalicecep memang memancing minat setiap pengunjungnya untuk mandi berendam sepuas-puasnya. “Untuk para pengunjung yang hendak mandi atau berendam, kami mengingatkan agar mereka memperhitungkan cuaca, karena aliran air bisa tiba-tiba deras ketika hujan turun,” kata Suyatno. Pihak dusun, menurut Yatno tengah menyiapkan beberapa papan berisi imbauan maupun petunjuk bagi para pengunjung sendang biru Kalicecep. “Adanya papan penunjuk dan imbauan kami siapkan untuk antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” pungkas Suyatno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here