Sempat Berjam-Jam Macetkan Jalan Wonosobo-Purworejo, Longsor Sikoang Teratasi

WONOSOBOZONE – Hujan yang berlangsung sehari-semalam pada  Rabu(22/6)memicu terjadinya longsor di Dusun Sikoang, Desa Sidodadi RT 06/02, Kecamatan Sapuran. Sebuah rumpun bambu yang berada di tebing, tepi jalan utama Wonosobo-Purworejo, ambrol menimpa badan jalan sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, dan membuat arus lalu lintas dari Kedua arah terhambat. “Karena guyuran air hujan yang berlangsung lama, sehingga rumpun bambu tidak mampu menahan beban, di tambah kondisi tanah yang gembur akhirnya mengakibatkan rumpun bambu tumbang melintang jalur Wonosobo-Purworejo,” terang Danramil Sapuran, Karen Inf Iwan Nafarin. Menurutnya, kejadian tersebut tak hanya membuat kendaraan roda empat tak bisa melintas, karena sepeda motor pun terpaksa mengalihkan jalur.
Dari laporan warga setempat yang masuk pada pagi sekitar pukul 07.00 WIB itu, Iwan mengaku langsung melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. “Kami kontak Kecamatan, SAR, Polsek, dan BPBD Kabupaten sampai pemadam kebakaran untuk membersihkan material longsoran dan akhirnya pada pukul 08.15 WIB, jalan sudah bisa dibuka untuk semua kendaraan,” pungkas Danramil.
Adanya sinergitas berbagai pihak untuk menanggulangi longsor di Sikoang dibenarkan Sekretaris BPBD Kabupaten Wonosobo, Sumarno. Menurut Marno, pihaknya memang menggandeng Pemadam Kebakaran untuk membersihkan badan jalan dari rumpun bambu dan tanah. “Pembersihnya dengan disemprot air tekanan tinggi, sehingga dalam waktu sekitar 1 jam jalan penghubung Wonosobo-Purworejo dan Wonosobo – Magelang tersebut sudah normal kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here