Seminar Orang Tua Hebat

WONOSOBOZONE – Anak usia dini adalah masa emas perkembangan sekaligus masa kritis anak. Pada  masa itu seluruh aspek perkembangan anak sedang berkembang sangat pesat. Kecepatan ini terjadi tidak pada masa berikutnya. Waktunya sangat kritis, yaitu sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun. Mari kita manfaatkan  masa emas ini dengan baik agar tidak hilang dan terlewat. Demikian disampaikan Kepala Disdikbudpora Kabupaten Wonosobo, Drs. Samsul Ma’arif. MM, pada acara seminar orang tua hebat, dalam rangka Festival Parenting TK Pertiwi Sambek. Bertempat di aula Kelurahan Sambek, beberapa waktu lalu, Jum’at (14/10).

 Belajar melalui bermain yang dilakukan di PAUD sangat mendukung semua aspek perkembangan anak yang meliputi moral-spiritual, fisik-motorik, kognitif ( kecerdasan ), bahasa, sosial-emosional, maupun seni. Pendidikan Keluarga adalah yang pertama dan utama. Jika pengasuhan anak  kita di keluarga dilakukan dengan baik dan sejalan dengan yang dilakukan di PAUD maka semua aspek perkembangan anak  akan bisa berkembang dengan sepenuhnya, imbuh Samsul Ma’arif.  

Orang tua murid TK Pertiwi Sambek sangat antusias mengikuti acara seminar tersebut Karena ada bebrapa narasumber seperti Novi Tri Susanti, S.Pd.AUD dari TPP PKK Kabupaten Wonosobo dan Rini Indriati,S.Psi, Psikolog RSUD Setjonegoro Kabupaten Wonosobo.

Manfaat keterlibatan orang tua dalam pendidikan keluarga sangat penting, karena anak hebat orang tua terlibat. Harapan kami sebagai selaku pendidik  orang tua dapat mendukung tumbuh kembang anak. Setiap keluarga memiliki cara-cara sendiri dalam mengasuh anak. Cara-cara yang baik tentu perlu terus dilanjutkan. Namun, cara yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman harus diubah, misalnya membangun disiplin anak dengan kekerasan. Oleh sebab itu, orang tua tentu perlu terus belajar. Niat baik harus dilakukan dengan cara-cara baik pula. Begitu yang disampaikan oleh Sumini,S.Pd.AUD  Kepala TK Pertiwi Sambek Wonosobo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here