Semarak Agustusan, Lomba PBB Antar Linmas

WONOSOBOZONE – Dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI yang ke-71 tahun 2016, berbagai macam lomba di adakan. Termasuk di dalamnya lomba PBB untuk LINMAS yang di selenggarakan oleh Kecamatan Kertek, Rabu(3/8) yang diikuti oleh 17 kontingen  dari 21 desa yang ada. Perlombaan PBB dari Linmas yang di laksanakan di Halaman Kecamatan Kertek, memperebutkan Tropy dan uang pembinaan dari Muspika Kecamatan Kertek.
 
Kapten Inf Sugeng Hariyanto selaku penggagas lomba menyampaikan Linmas sebagai Rakyat Terlatih, harus ikut berperan aktif dalam setiap kegiatan yang ada di desa. Dengan cara memberi contoh kepada masyarakat lainnya dalam menjaga stabilitas keamanan di desa, seperti Siskamling. Koordinasilah dengan Babinsa dan Babinkamtibmas apabila ada gelagat yang mencurigakan dari orang atau kelompok yang tidak bertanggung jawab. Seperti adanya pendatang baru di desanya, arahkan kepada pejabat RT/RW, sehingga keberadaannya di desa bisa di monitor.
Lebih lanjut Linmas sebagai Komponen Cadangan apabila Negara dalam keadaan genting, Linmas berkewajiban membantu TNI dalam mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagai komponen cadangan Linmas harus semangat, terbukti dari banyaknya peserta Lomba PBB ada yang berusia 78 tahun dari desa Sindupaten. Tanpa semangat tidak mungkin setua itu, mau mengabdikan dirinya demi Negara lewat Linmas. Kita yang lebih muda harus malu kepada sesepuh kita,yang masih mau mengikuti kegiatan di bawah teriknya matahari. Di desa Kertek seorang Kepala SD juga aktif dalam organisasi Linmas, itulah contoh yang harus kita apresiasi. Usia bukanlah sebagai kendala tetapi semangat masih membara, pungkas Sugeng.
Lomba PBB Linmas di ikuti oleh 16 Desa dan 1 Kelurahan, dalam satu tim beranggotakan 10 orang. Di bawah teriknya matahari lomba berlangsung, para peserta sangat antusias mengikutinya. Sebagai tim Yuri dari Koramil, Polsek dan Kecamatan, sedang materi yang di lombakan berupa gerakan di tempat dan gerakan berjalan. Keseragaman, penampilan dan kekompakan juga faktor pendukung penilaian. Pemerintah sudah banyak mengucurkan dana bantuan ke desa-desa. Lewat kegiatan perlombaan ini para Kepala desa berlomba menampilkan Linmasnya dengan seragam yang baru beserta atributnya. Dengan seragam yang baru para peserta akan lebih semangat dan merasa di hargai keberadaannya di desa. Keluar sebagai juara I Linmas dari Desa Kapencar, juara 2 dari Desa Surengede, juara 3 dari Desa Kertek, dan harapan dari Desa Karangluhur.
Reporter: (Pendim 0707/Wsb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here