Sekilas Tentang Keroncong Senandung Muda Wonosobo

Oleh : Agus Dwie

WONOSOBOZONE – Sejarah berdirinya Keroncong Senandung Muda Wonosobo diawali dengan berkumpulnya beberapa anak muda yang peduli dengan musik keroncong walaupun sebenarnya masing-masing memiliki kesenangan atau genre masing-masing dari penyuka rock, blues, pop dan lain sebagainya.

Melihat generasi sekarang yang kurang peduli terhadap musik keroncong maka kami akhirnya memutuskan mencoba untuk belajar bersama musik keroncong dengan salah satu misi agar bisa melestarikan salah satu budaya Indonesia tersebut.
Akhirnya kami yang waktu itu terdiri dari Chandra salah satu musisi handal di Wonosobo yang juga pernah ikut Band Humor Asedese, Seto Garjito seorang pemain bass all genre, Zendy seorang keyboardist rock dan Agus Dwie pemain bass pop rock yang juga pernah belajar musik keroncong memutuskan untuk membentuk sebuah grup Keroncong, berhubung masih kurang personel untuk jadi sebuah grup keroncong akhirnya kami mengajak Verry Setianto seorang gitaris blues terkenal di Wonosobo, Satrio Arwanto seorang bassist salah satu Band terkenal di Jogja, Bimo seorang Vokalis Keroncong, Ria seorang anak SMA yang punya bakat besar dalam bernyanyi.

Formasi awal Keroncong Senandung Muda adalah Chandra memainkan Biola, Zendy memainkan Cik/Cak, Seto Garjito memainkan Cuk, Agus Dwie memainkan Cello, Satrio Arwanto memainkan Bass dan Verry memainkan gitar melodi. Untuk vokalis Bimo dan Ria.

Kami memainkan lagu-lagu pop, rock, bahkan dangdut dengan irama keroncong, tentunya dengan tidak lupa memainkan lagu-lagu keroncong asli, langgam jawa dan sebagainya. Dan pada akhirnya pada tanggal 15 November 2015 kami memutuskan untuk membuat nama keroncong kami dengan nama Keroncong Senandung Muda. Kenapa kami menggunakan nama itu salah satunya adalah bahwa kami merasa masih muda-muda, tapi filosofinya adalah untuk menginspirasi kaum muda untuk terus semangat melestarikan irama musik keroncong biar musik keroncong tidak punah.

Seiring dengan berjalannya waktu kami mulai menerima tawaran untuk tampil di acara-acara ceremonial, gathering dan juga acara wedding dan lain sebagainya. Kami juga pernah mengisi acara live keroncong di salah satu radio di Wonosobo.
Dalam perjalanannnya sampai saat ini pergantian personel beberapa kali terjadi, sebenarnya bukan pergantian, itu juga dikarenakan kesibukan masing-masing anggota. Ada masuk Nuning seorang penyanyi pop terkenal di Wonosobo, Mang Hardi juga salah satu vokalis senior di Wonosobo ikut bergabung mengisi slot vokalis. Juga ada Rommy seorang bassist rock yang beberapa kali ikut mengisi posisi bass, juga Irham Hardana seorang mahasiswa di Solo yang beberapa kali ikut mengisi posisi Cello sampe saat ini.
Demikian semoga bisa menginspirasi anak-anak muda Wonosobo khususnya dan Indonesia pada umumnya untuk mau belajar dan melestarikan musik keroncong, salah satu seni budaya Indonesia yang harus kita jaga kelestariannya.
Salam keroncong Indonesia

Keroncong Senandung Muda Wonosobo
Sekretariat:
Pesanggrahan Selomanik 94 Longkrang Wonosobo
Cp: 081327398194  – Agus Dwie
       087881224244 – Chandra DS
Formasi saat ini:
Chandra DS: Biola
Agus Dwie: Cello, Cuk, Bass
Seto Garjito: Bass, Cuk, Cik
Zendy Ludwig: Cik, Cuk
Verry Setiyanto: Gitar
Irham Hardana: Cello
Ria: Vokal
Nuning: Vokal
Bimo: Vokal

Posted via Blogaway

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here