SEBANYAK 375 CPNS TERIMA SK PENGANGKATAN DARI BUPATI BANJARNEGARA

BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara, secara simbolis menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Banjarnegara, di Pendapa Dipayudha, Kamis (21/3/2019).

Sedikitnya ada 375 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Banjarnegara, yang menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mengatakan, mereka yang menerima SK tersebut sebelumnya telah menjalani berbagai proses seleksi pengadaan CPNS tahun 2018. Mereka juga sudah menjalani pemberkasan dan lolos seleksi, serta berhak mendapatkan NIK.

“Selamat datang di barisan ASN Banjarnegara, saudara semua adalah orang terpilih. Jadi harus bersyukur, karena sangat banyak masyarakat yang menginginkan posisi ini,” kata Budhi.

Ia menambahkan, penerimaan SK CPNS ini merupakan langkah awal dalam dunia birokrasi yang selama ini diinginkan. Meski sudah mendapatkan NIK, ini adalah langkah sebelum diangkat menjadi PNS. Masih ada beberapa tahapan lain, sebelum diangkat menjadi PNS.

Berdasarkan data per tanggal 28 Februari tahun 2019, saat ini Kabupaten Banjarnegara memiliki kurang lebih 8.100 orang PNS . Secara keseluruhan jumlah tersebut terlihat sangat besar, namun apabila dikaji lebih dalam memang ada kelebihan pegawai dalam sektor tertentu. Tetapi pada sektor yang lain masih kekurangan PNS seperti untuk tenaga kesehatan, pendidikan, dan teknik tertentu.

“salah satu solusi untuk mencukupi kebutuhan tersebut adalah dengan mengangkat CPNS baru yang direalisasikan melalui kegiatan pengadaan CPNS, baik melalui formasi umum, honorer, maupun formasi khusus,” katanya.

Pengadaaan dan proses CPNS kali ini, diambil dari formasi umum dan tenaga honorer K2. Pemerintah Kabupaten Banjarnegara bekerja sama dengan kantor regional 1 BKN Yogyakarta yang memfasilitasi pelaksanaan seleksi, mulai dari kompetensi dasar hingga seleksi kompetensi bidang.

Proses seleksi dilakukan secara terbuka dan transparan dengan sistem CAT, di mana untuk proses seleksinya semua orang bisa melihat langsung hasil yang diperoleh masing-masing peserta lewat layar monitor yang disediakan panitia di kantor regional 1 BKN Yogyakarta.

BACA JUGA:  Kayu Masjid KH Muhammad Hasan di Banjarnegara Dipercaya Berusia Ribuan Tahun

“Jadi jika ada yang meminta dana mengatasnamakan bupati, kepala BKD atau yang lainnya, langsung laporkan ke kami. Akan kami tangkap oknum tersebut,” kata bupati.

Kepala BKD Kabupaten Banjarnegara, Yusuf Agung Prabowo dalam laporannya mengatakan, bahwa jumlah CPNS Kabupaten Banjarnegara yang diangkat dari formasi tahun 2018 berjumlah 375 orang berasal dari formasi umum sejumlah 305 orang dan formasi tenaga honorer K2 berjumlah 70 orang.

“Rinciannya berdasarkan formasi jabatan adalah formasi guru 303 orang, tenaga kesehatan 52 orang, formasi tenaga teknis lainnya 20 orang. Selanjutnya kepada CPNS yang baru akan segera melaksanakan tugas sesuai dengan formasi masing-masing, nanti per tanggal 1 April 2019,” pungkasnya.

Artikel dikutip dari instagram @Kabupatenbanjarnegara, link
https://www.instagram.com/p/BvRdm4vpjj4/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=tr3ejjxg9xve

KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.