Saya Perempuan Anti Korupsi

WONOSOBOZONE – Sebanyak 42 organisasi wanita se-Kabupaten Wonosobo mengikuti seminar Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK), dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-88 tahun 2016 Kabupaten Wonosobo. Bertempat di Gedung Korpri, Senin (19/12).
Seminar SPAK ini bertujuan untuk membangun semangat dan berperan dalam gerakan SPAK bagin perempuan dan organisasi perempuan di Kabupaten Wonosobo serta untuk menibngkatkan partisipasi masyarakat, khususnya kaum perempuan Wonosobo dalam upaya membangun karakter anak, utamanya sebagai generasi yang anti korupsi, demikian disampaikan ketua Panitia Peringatan Hari Ibu ke-88 Kabupaten Wonosobo, Any Agus Subagiyo.
Bupati Wonosobo, Eko Purnomo SE, MM, saat membuka seminar menyampaikan bahwa melalui gerakan perempuan anti korupsi ini, tentunya semua berharap mampu memproduksi sebanyak mungkin para perempuan dan organisasi perempuan, untuk ikut berpartisipasi dengan melindungi diri dari korupsi dengan cara menyebarluaskan pengetahuan, modus-modus dan peluang-peluang yang berpotensi korupsi serta konsekuensi hukumnya, sehingga pengaruh positif ini, tidak hanya bagi anak dan suaminya, melainkan juga masyarakatnya di manapun perempuan berada.
Sementara pada kesempatan itu Ketua TP.PKK Kabupaten Wonosobo, Fairuz Eko Purnomo dalam sambutannya menyampikan SPAK merupakan gerakan nasional yang memandang peran perempuan sangat penting dalam pencegahan korupsi, baik sebagai ibu, istri maupun sebagai anggota masyarakat. Diharapkan, gerakan ini mampu memproduksi sebanyak mungkin para perempuan dan organisasi perempuan untuk ikut berpartisipasi dengan melindungi diri dari korupsi dengan cara menyebarluaskan pengetahuan, modus-modus dan peluang-peluang yang berpotensi korupsi serta konsekuensi hukumnya. Sehingga pengaruh positif ini, tidak hanya bagi anak dan suaminya, melainkan juga masyarakatnya di manapun mereka berada. Program SPAKyang telah diluncurkan pada 22 April 2014, dan digagas oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Diharapkan melalui gerakan ini akan mendorong perubahan sikap dan mental dalam pelayanan publik oleh aparatur yang didukung oleh perempuan sebagai pendamping hidupnya.
Pada seminar SPAK ini sebagai nara sumber adalah ketua Pokja I TP. PKK Provinsi Jawa Tengah dan juga agen SPAK, Emma Rahmawati, yang menyampaikan materi mengenai Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) yang mengajak 3 L (lihat, lawan, laporkan). Dan Ketua TP. PKK Provinsi Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo, yang menyampiakan materi Kesetaraan perempuan dan laki laki dalam mewujudkan Indonesia bebas dari kesenjangan ekonomi, kekerasan dan perdagangan orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here