Satpol PP Harus Kedepankan Sikap Humanis dan Profesional Agar Dihormati Masyarakat

WONOSOBOZONE – Dalam rangka Peringatan HUT Satpol PP ke-66 dan Satlinmas ke-54, Satpol PP Kabupaten Wonosobo ikut berpartisipasi dalam Upacara HUT Satpol PP dan Satlinmas tingkat Jawa Tengah, bertempat di Lapangan Simpang Lima Pati, rabu 16/03/16.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa sebagai aparat penegak Perda, kualitas dan kemampuan Satpol PP di Jawa Tengah masih jauh dari harapan. Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan kelembagaan masih perlu ditingkatkan melalui berbagai upaya, salah satunya adalah pelatihan. Karena pelatihan pelatihan sangat penting untuk meningkatkan kualitas SDM terutama pelatihan Intelejen. Selain itu dalam melaksanakan tugasnya Satpol PP juga harus mengedepankan sikap dan metode pendekatan lebih humanis dan professional, agar pelayanan Satpol PP kepada masyarakat dapat benar benar dirasakan.
Ganjar juga menambahkan bahwa sebagai aparat Satpol PP rentan terhadap gesekan dan konflik kepentingan. Oleh karena itu harus disiapkan secara matang dengan berbekal kompetensi. Dalam sosialisasi dan penegakan aturan Satpol PP tidak harus menunjukkan kekuatan fisiknya, pendekatan kultural, inovatif dan kreatif harus diterapkan, sehingga masyarakat akan simpatik bukan malah menjauhi dan takut.
Satpol PP harus meninggalkan image lama, dimana penggusuran dan pungli serta pemerasan sudah menjadi pandangan masyarakat. Ketika Satpol PP humanais dan professional, masyarakat pasti akan menghormati.
Usai melaksanakan upacara delegasi Satpol PP dari 35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah menunjukkan ketrampilannya dalam defile di hadapan Gubernur dan pejabat yang hadir dalam upacara tersebut.
Sementara itu Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, Usai mengikuti Upacara HUT Satpol PP dan Satlinmas di Kabupaten Pati, menyampaikan terima kasih kepada Satpol PP Kabupaten Wonosobo yang telah ikut berpartisipasi dalam upacara tersebut. Semoga kegiatan itu akan menjadikan jajaran Satpol PP Kabupaten Wonosobo lebih baik dan lebih maju lagi.
Pemerintah akan terus mendorong apa yang menjadi tugas Satpol PP termasuk melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan Satpol PP, sehingga akan memudahkan dan meningkatkan kinerja Satpol PP. Eko Purnomo juga menghimbau kepada jajaran Satpol PP untuk tetap bersemangat dan professional dalam melaksanakan tugasnya, demi kemajuan Kabupaten Wonosobo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here