Satlinmas Wanita Diturunkan Dalam Pengamanan Lebaran

Arahan persiapan pengamanan Lebaran
Wanita Linmas Wonosobo
WONOSOBOZONE – Wanita Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Wonosobo akan diterjunkan pada saat Lebaran 2016. Upaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban tersebut dilakukan Linmas selama 24 jam. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wonosobo, Faisal RB, menerangkan lebih dari 11 Linmas Wanita akan mengakomodasi kebutuhan masyarakat terkait dengan perlindungan dan keamanan pada pra dan pasca Lebaran. “H-7 sampai H+3 Lebaran sebanyak 80 Linmas baik Pria maupun Wanita akan kami turunkan di 3 posko Kabupaten dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat,” terang Faisal kepada wonosobozone disela sosialisasi Linmas terkait pengamanan Lebaran pada Sabtu (25/6), di Kantor Satpol PP.

Faisal menyebut pihaknya akan melakukan pengamanan Lebaran Full time 24 jam perharinya. “Kami berlakukan sistem jaga yang terbagi menjadi 3 shift di 3 posko, dengan lokasi di Taman Plasa, Pasar Induk dan juga Terminal Mendolo,” ungkap Kasatpol PP. Faisal juga menambahkan bahwa Wanita Linmas akan melakukan patroli di sekitar posko untuk memantau arus kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di suasana Lebaran. “Sesuai Permendagri No. 84 dan Arahan Gubernur, kami berupaya mendorong Linmas untuk lebih berperan dalam menjaga dan melindungi masyarakat,” tambahnya.

Karena selama ini, Faisal menyayangkan tugas dan fungsi Linmas yang disalah-gunakan oleh oknum yang kurang memahami dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Linmas. “Seperti mengangkat meja pada acara pernikahan dan membuat minuman untuk tamu yang hadir merupakan bentuk kekeliruan tugas dan fungsi Linmas,” tegasnya. Oleh karena itu, Faisal bermaksud mengembalikan tupoksi Linmas sesuai dengan Permendagri No. 84. Dengan adanya wanita Linmas, Ke depan Faisal berharap peran Linmas bisa lebih maksimal dalam upaya melindungi masyarakat. (Ard)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here