Sambut Pilgub dan Pilkada 2018, DPRD Jateng Monitoring Jumlah Penduduk Wonosobo

WONOSOBOZONE – Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) serentak Tahun 2018 di Provinsi Jawa Tengah , DPRD Provinsi Jateng lakukan Kunjungan Kerja (kunker) Monitoring Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu ke Wilayah. Salah satunya di Kabupaten Wonosobo. 


Bertempat di Ruang Rapat Mangoenkoesoemo Setda, Rabu (20/9) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Wonosobo menerima Kunjungan Kerja dari Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah. Rombongan Dewan sebanyak 15 orang tersebut  disambut oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wonosobo Eko Soetrisno Wibowo didampingi oleh Kepala Dinas Dukcapil, M.Zuhri, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Wonosobo Suwondo Yudistiro, KPU Kabupaten Wonosobo Zaenal serta Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Disdukcapil (PIAK) Yusuf Haryanto.


Ketua rombongan Kunker Komisi A DPRD Prov Jateng Alimansur H.D., yang juga merupakan Sekretaris Komisi A DPRD Provinsi Jateng, mengatakan Tahun 2018  tepatnya tgl  27 Juni nanti Provinsi Jateng akan menggelar Pilgub dan Pilkada serentak di 7 Kabupaten/Kota se-Jateng. Maka dari itu kunjungan hari ini dilakukan dalam rangka menghadapi dan mensukseskan perhelatan pesta demokrasi tersebut. Juga untuk monitoring pelaksanaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Wonosobo guna memperoleh data potensial pemilih dalam pemilu tersebut.


Dalam sambutanya Sekda Wonosobo Eko Soetrisno, mengucapkan selamat datang kepada Rombongan kunker. Serta menyampaikan beberapa hal terkait kunker.

Eko menyampaikan penduduk di Kabupaten Wonosobo secara administratif terbagi menjadi 15 Kecamatan 236 Desa dan 29 Kelurahan dengan jumlah penduduk vareatif antara data BPS dan Dukcapil yang berkisar di angka 773 sampai 800 ribu jiwa, dengan jumlah pemilih sebanyak 663 ribu jiwa lebih, atau tercatat 663.752 jiwa di Tahun 2014 lalu. 

BACA JUGA:  Jadwal Berubah, Karnaval Pembangunan Mundur Sehari


Terkait kunjungan kerja Komisi A DPRD Prov Jateng ini, Sekda  meminta kepada Dinas Dukcapil agar dapat memfasilitasi apa yang diperlukan dalam kunjungan kerja tersebut.


Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo, M.Zuhri mengatakan, dari data Dukcapil di semester I 2017 jumlah penduduk Kabupaten Wonosobo tercatat sebanyak 858.273 jiwa.  Wajib KTP sampai 18 September 2017, tercatat 630.618 jiwa, sementara asumsi sampai 27 Juni 2018 wajib KTP tercatat sebanyak 642.001 jiwa. Kepemilikan KTP Elektronik sebanyak 630.618 jiwa, sedang  jumlah yang sudah melakukan rekam KTP sebanyak 599.287 jiwa. 


Dari data tersebut, terkait pemilu Zuhri menambahkan jumlah DP4 pilkada Kabupaten Wonosobo di Tahun 2014 lalu tercatat 641912 jiwa, sementara asumsi DP4 sampai  27 Juni 2018 mendatang tercatat sebanyak 641.094 jiwa, sedangkan untuk pemilih pemula diperkirakan sebanyak 41.056 jiwa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.