Saling Adu Kebolehan, Puluhan Dokter Kecil Ikuti LCC 2019

WONOSOBOZONE – Lomba Cerdas Cermat (LCC) Dokter Kecil siswa SD/MI tingkat Kabupaten Wonosobo tahun 2019, diikuti sebanyak 24 Dokter Kecil perwakilan dari 24 Puskesmas se-Kabupaten Wonosobo. Bertempat di Gedung Wanita, Selasa (13/8), para dokter kecil saling beradu kebolehan dalam lomba LCC tersebut.

Dalam lomba Dokter Kecil tersebut, tampil sebagai juara 1 adalah Huria Tazki Salvanisa dari SDN 2 Kalibeber Mojotengah. Juara 2, Aradea Sri Nova Chaerani dari SDN Wonorejo Selomerto. Juara 3, Ushna Nadyne Ashika dari SDN 1 Leksono Leksono. Masing-masing juara memperoleh Piagam, Piala dan Uang pembinaan. Untuk juara 1 akan mewakili Kabupaten Wonosobo di Tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Lomba secara resmi dibuka oleh Kabag Kesra Setda Wonosobo, Isnanto, yang mewakili Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, SE.MM. Dalam membacakan sambutan Bupati, Isnanto mengingatkan bahwa anak merupakan anugerah terindah yang diberikan Allah SWT, sehingga para orang tua memiliki kewajiban untuk merawat dan menjadikan anak-anaknya sebagai generasi yang berkualitas dan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat luas, bangsa dan agama. Karena itulah, kegiatan ini dinilai penting sebagai upaya meningkatkan kesadaran bersama mengenai perilaku dan pola hidup yang sehat, agar tertanam dalam diri anak-anak sejak dini.

Saya sangat mendukung upaya-upaya positif dalam menumbuhkan kesadaran dalam diri anak-anak termasuk melalui kompetisi seperti dokter kecil dan kader kesehatan remaja ini”, katanya.

Isnanto juga berharap, melalui kegiatan ini juga diharapkan menjadi filter demi menjaga generasi penerus bangsa ini dari bahaya yang senantiasa mengintai, baik berupa dampak dari obat-obat terlarang yang kini beredar bebas, maupun efek kecanggihan teknologi informasi berupa menjamurnya pergaulan bebas di kalangan remaja.

Terkait dengan Lomba Dokter Kecil dan Kader Kesehatan Remaja ini, Bupati mengimbau agar para juri benar-benar objektif dalam melakukan penilaian”, pungkas Isnanto.

BACA JUGA:  Aparatur Desa Tidak Boleh Salah Gunakan Bantuan Desa

Sementara itu menurut panitia penyelanggara, Alfun Haka, dari bagian Kesra Setda, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta prestasi siswa lewat pemahamannya menjadi Dokter Kecil dan Kader Kesehatan Remaja, juga dalam rangka menciptakan siswa yang handal dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi dirinya, sekolah, keluarga maupun masyarakat, serta mendorong siswa berbudaya dan berprestasi.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk menumbuh kembangkan kemitraan pelayanan kesehatan, meningkatkan peran masyarakat khususnya sekolah dalam pengembangan kesehatan masyarakat, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi dokter kecil dan kader kesehatan remaja di semua tingkatan sekolah, serta sebagai media komunikasi antara pemerintah Kabupaten Wonosobo dengan seluruh stakeholder kesehatan”, pungkas Alfun Haka.

Selain LCC Dokter Kecil, Pemerintah Daerah Kabupaten Wonosobo melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda juga menyelenggarakan Lomba Kader Kesehatan Remaja (KKR) tingkat SMP/MTs, serta KKR tingkat SMA/ MA yang diampu oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Wonosobo. Lomba dilaksanakan selama 3 hari, 13-15 Agustus 2019. (W/WZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.