Sakutema, Ajak masyarakat peduli kucing

TEMANGGUNGZONE – Melihat banyak temen pencinta hewan kucing (catlover) di Temanggung yang masih belum paham secara benar tentang bagaimana cara perawatan kucing. Prima Mayasari dan beberapa pecinta kucing lain di Temanggung mendirikan komunitas para pecinta kucing Temanggung dengan nama “Sahabat Kucing Temanggung” (Sakutema) pada bulan Desember tahun lalu.

Prima Mayasari yang karib disapa Mami dalam komunitasnya itu mengatakan Visi awal dibentuknya Sakutema adalah murni sebagai wadah edukasi tentang permasalah seputar hewan lucu berna kucing.
Sakutema pun dikatakan Mami tidak memandang jenis kucing tertentu untuk dapat bergabung. Semua kucing baik kucing ras maupun kucing domestik Indonesia diterima karena menurutnya semua kucing membutuhkan perawatan yang tepat agar selalu sehat. Sakutema, lanjut Mami, juga selalu melakukan gethering sebagai agenda rutin setiap bulannya. Selain berkenalan dengan teman-teman sesama catlover, dalam gethering juga digelar edukasi dan sharing soal perawatan kucing.
“Kami juga melaksanakan posyandu kucing sederhana seperti timbang berat badan kucing dan pemberian obat cacing rutin,” tutur Mami.
Ia menambahkan kegiatan lain adalah mengadakan vaksin bersama teman-teman sakutema dan saat ini mereka sedang merintis untuk program steril bersubsidi sebab sekarang dengan adanya dukungan puskeswan yang memberikan pelayanan kesehatan hewan secara gratis dan terjangkau masyarakat.
“Sejauh ini kami belum bisa untuk melangkah pada resque karena keterbatasan tempat dan dana, sebab kami menghindari open donasi,” terang Mami.
Ia pun berharap Sakutema bisa menjadi komunitas yang selalu peduli terhadap semua kucing dan kedepan Masyarakat lebih mengenal kucing serta menyayanginya karena Sakutema akan terus memberikan edukasi secara menyeluruh agar Masyarakat sadar untuk tidak membuang kucing tapi men steril guna menekan populasi kucing dan meningkatkan kesehatan kucing.
“Semoga kita bisa rutin melakukan street feeding untuk kucing-kucing jalanan,” harap Mami. Jumlah anggota Sakutema saat ini sudah mencapai 133 di grup Whatsapp namun yang tercatat sebagai member baru sekitar 60 an.

BACA JUGA:  LSPD GANDENG KEMENTRIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI, ADAKAN PELATIHAN WIRAUSAHA.
KPUD Wonosobo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.