Sagon, Makanan Khas Wonosobo Yang Unik Nan Enak

WONOSOBOZONE – Sambil merasakan dinginnya udara di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, tak ada salahnya mampir dan menikmati gurihnya kue Sagon bakar sebagai teman minum teh ataupun kopi bersama keluarga. Harum dan uniknya rasa sagon bakar menjadi salah satu camilan khas kota Wonosobo.
Ketika berkunjung di daerah yang penuh dengan wisata alam ini, hidangan tradisional wajib dicoba untuk menghandatkan suasana dingin nan indah. Salah satu penjual sagon kawakan yang melegenda khas Wonosobo adalah Bu Sono, yang terletak di jalan bhayangkara, Wonosobo, Jawa tengah. Hingga kini, sagon bakar Bu Sono masih dicari dan digemari warga, karena rasanya gurih dan nikmat.
Sagon bakar Bu Sono ini pun dibuat dengan bahan alami tanpa pengawet. Adapun komposisinya terbuat dari tepung ketan, parutan kelapa, gula pasir, dan beberapa bahan tambahan lain.
Proses pembuatan kue tradisional ini tak rumit  dan tergolong unik. Yaitu adonan sagon yang telah dicampur, kemudian dimasukkan kedalam loyang aluminium modifikasi berbentuk mangkuk  dan dimasak menggunakan tungku arang.
Tak hanya bagian bawahnya saja yang dipanaskan diatas arang, arang panas lainnya juga diletakkan di atas piring sebagai penutup loyang sagon yang berfungsi untuk memanaskan bagian atas kue tersebut. Dalam proses pembuatan sagon biasanya tak mebutuhkan waktu lama, yakni hanya sekitar 2 menit saja.
Untuk menghasilkan rasa yang lebih nikmat, biasanya penjual menggunakan jenis kelapa pilihan, diantaranya kelapa tanggung atau kelapa yang tidak terlalu muda dan juga tak terlalu tua. Harganya pun tergolong cukup murah, hanya dua ribu lima ratus rupiah perbiji. “Kelapa yang digunakan harus benar-benar pas. Jika terlalu muda, hasilnya akan lembek. Kalau terlalu tua, nanti rasa Sagon-nya kurang gurih,” jelas Bu Sono.
Dalam sehari, tak kurang dari tujuh ratus lima puluh sagon dapat ia jual ke para pembeli. Mulai dari anak-anak hingga orang tua penggemar sagon bakar. Bahkan tak jarang pembeli asal luar kota pun menjadikan kue sagon sebagai oleh-oleh khas Wonosobo. (Ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here