Rutan Wonosobo Launching Pesantren Di Hari Kemerdekaan

WONOSOBOZONE – Setelah melaunching layanan video call (Lavica) berbasis aplikasi, kali ini Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Wonosobo melakukan inovasi baru, yakni menyelenggarakan kegiatan pendalaman agama untuk para penghuninya yang berbasis pesantren. Hal tersebut terlihat ketika Kepala Rutan Kelas II B Wonosobo, Akbar Amnur bersama Bupati Wonosobo, Eko Purnomo didampingi segenap instansi terkait melaunching pesantran At-Taqwa pada Jumat (17/8/2018) di halaman utama Rutan Wonosobo. Kegiatan pesantren yang bekerjasama dengan Kementrian Agama itu, dideskripsikan oleh Akbar dihadapan awak media. “Nanti para tahanan khususnya muslim kami beri pembinaan rohani dengan mempelajari ilmu-ilmu Al-Quran dan ilmu agama islam lainnya setiap hari secara terjadwal. Jadi nanti agar para tahanan ketika selesai menjalani masa hukumannya benar-benar mengalami perubahan kebaikan dalam hati dan tingkah lakunya, terang Akbar usah melakukan upacara pengibaran bendera 17 Agustus.

Dengan adanya inovasi berbasis pesantren tersebut, Akbar berharap kedepan bisa menjadi sebuah wadah pembinaan agama bagi para Warga Binaan Pemasyarakartan (WBP/sebutan penghuni rutan) yang lebih fokus. Pasalnya, pesantren tersebut dijalankan dengan kurikulum, materi dan pengajar yang sudah mendapat sertifikasi dari Kemenag. “Kegiatan agama di rutan sebenarnya sudah ada, tapi kali ini kita ingin fokuskan dengan sebuah wadah kegiatan agama melalui pesantren yang lebih mendalam dan berkelanjutan. Dan alhamdulillah inovasi Rutan Wonosobo ini menjadi pilot project penyuluhan agama di tingkat nasional,” bebernya.

Sementara Kepala Kementerian Agama, Muhamad Thobiq mengaku akan mendukung penuh upaya Rutan dalam memberikan materi keagamaan. Menurut Thobiq, tak hanya rutan saja yang akan ia akomodasi, melainkan seluruh instansi maupun organisasi kemasyarakatan akan disupport kegiatan positifnya dalam hal keagamaan yang berkaitan dengan Kemenag. “Semoga inovasi Rutan Wonosobo ini dapat memotivasi yang lainnya untuk berbuat lebih baik dan memperbaiki akhlak,” pungkas Thobiq. (Ard)

BACA JUGA:  Habib M Asyafi'i Serukan Siswa MAN 1 Wonosobo Cintai Nabi Muhammad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.